Usaha-Sampingan-Tanpa-Modal
Peluang Usaha

11+ [Peluang] Usaha Sampingan Tanpa Modal Sepeserpun

Ide memulai usaha sampingan tanpa modal memang mengasyikkan. Jenis bisnis kecil bisa menjadi titik masuk yang bagus untuk pemula atau Anda yang sibuk dengan pekerjaan utama.

Dengan begini, Anda bisa menambah pundi-pundi pemasukan tanpa harus meninggalkan pekerjaan lainnya.

Namun untuk membuat suatu usaha bisa sukses, Anda masih harus mencari tahu lebih dulu jenis usaha apa yang cocok dengan keterampilan dan bakat Anda, membangun merek, memasarkannya dengan metode yang tepat, dan memberikan layanan pelanggan yang memuaskan.

Mari mulai dari poin pertama, yaitu memilih jenis usaha yang tepat.

Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal Paling Menguntungkan

Peluang-Usaha-Sampingan-Tanpa-Modal-Paling-Menguntungkan

1. Print-on-Demand

Anda bisa melayani permintaan cetak sablon kaos, topi, casing hp, hoodie, tote bag, atau yang lainnya.

Jika Anda bukan seorang desainer, Anda bisa bekerjasama dengan beberapa teman yang mengambil jurusan design grafis.

Anda bisa menjual jasa cetak ini per produk, jadi harga dasar per unit akan lebih mahal daripada pesanan dalam jumlah besar.

2. Jual Poster, Kartu (Ucapan, Nama)

Jika Anda memiliki bakat / keterampilan mendesain, ide bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan.

Anda tidak membutuhkan banyak modal, karena kemampuan dan laptop pastinya sudah ada, handphone sebagai alat komunikasi dan pemasaran online juga sudah di tangan.

Jika desain grafis adalah dunia Anda, printer juga sepertinya sudah ada di rumah. Anda hanya perlu membeli kertas yang sesuai dengan pesanan klien.

Simak juga: Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Bermodal Kecil

3. Toko Baju Online

Jika Anda menyukai mode dan suka membagikan selera gaya Anda secara online, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat toko baju online sendiri.

Anda bisa mendesain baju sendiri kemudian masukkan ke penjahit, atau kumpulkan item dari beberapa supplier online dan jual ke pelanggan.

4. Jual barang Buatan Tangan

Jika Anda adalah orang yang suka membuat sesuatu sendiri, misalnya sabun DIY, lilin, rajut, atau yang lainnya, Anda berada dalam posisi yang mudah untuk membuka usaha sampingan tanpa modal, karena pengembangan dan pengadaan produk benar-benar ada di tangan Anda.

Tidak seperti peluang usaha lain yang mempertimbangkan manajemen pengiriman dan inventaris, menjual barang DIY memiliki kontrol penuh di tangan Anda.

Namun, berhati-hatilah dengan produk DIY yang dimakan, dihirup, atau yang bersentuhan langsung dengan kulit.

Pastikan bahannya tidak berbahaya bagi kesehatan dan tuliskan catatan tentang cara pencucian/memasak/menyimpan.

5. Bisnis Hewan Peliharaan

Bisnis ini bisa berbasis produk atau layanan, seperti menjual aksesoris anjing dan kucing, makanan, mainan, atau menawarkan perawatan dan pelatihan.

Ide lainnya adalah jual beli burung atau ayam, keduanya memiliki banyak peminat dan target pasar Anda cukup luas.

6. Admin Media Sosial

Perusahaan yang lebih besar seringkali mempekerjakan orang khusus untuk admin media sosial, seperti Facebook, Twitter, atau yang lainnya.

Tapi perusahaan / toko kecil seringkali harus melakukan pemasaran dan mengelola media sosial sendiri.

Dengan begitu banyak tanggung jawab lainnya, pemilik bisnis / toko tersebut mungkin kewalahan.

Untuk itu, mereka seringkali membutuhkan admin untuk membantunya menjawab komen dan DM, posting foto/video, dan membuat konten untuk followers.

Pekerjaan ini hanya membutuhkan satu modal, yaitu ketelatenan. Karena modal handphone dan internet pastinya Anda sudah punya.

7. Dropshipper

Dropshipper adalah usaha sampingan tanpa modal yang cocok untuk pemula, karena rendah resiko, mudah dijalankan, dan tidak perlu menyimpan stok.

Supplier pihak ketiga yang akan menyimpan stok dan mengirimkan barang ke pelanggan Anda atas nama Anda.

Jadi, Anda tidak perlu mengemas dan mengirimkan sendiri produk Anda. Anda hanya perlu melakukan penjualan dan meneruskan pesanan ke supplier.

Anda bisa mengumpulkan produk dari satu atau beberapa supplier dengan tema yang berfokus pada target pasar Anda, misalnya perlengkapan olahraga atau peralatan masak.

Usaha sampingan ini termasuk yang termurah dan tercepat untuk dijalankan.

8. Kursus Online

Hal apa yang paling Anda kuasai? Mungkin yoga, diet, bermain piano, matematika, desain web, atau Bahasa Inggris dan Korea? Jika Anda memiliki wawasan lebih di satu bidang, manfaatkan ini sebagai ladang bisnis.

Anda bisa membantu orang lain menguasai bidang tersebut dengan menawarkan kelas virtual.

Buat paket video / tutorial tulisan yang bisa didownload, atau jadwalkan pelajaran online lewat video call.

Pekerjaan ini bisa Anda lakukan di rumah dengan handphone/laptop dan koneksi internet yang kemungkinan besar keduanya sudah tersedia.

9. Katering Sehat

Usaha sampingan ini mengharuskan Anda merencanakan dan menyiapkan makanan mingguan atau harian untuk pelanggan, sehingga keterampilan memasak yang mumpuni dan pengetahuan nutrisi atau  diet khusus adalah suatu keharusan.

Anda tidak harus lulus dari sekolah kuliner, tapi mengikuti beberapa kelas memasak akan meningkatkan kredibilitas Anda.

10. Translator (Penerjemah)

Jika Anda fasih dalam bahasa lain selain Indonesia, misalnya Bahasa Korea, Inggris, Arab, atau yang lainnya, Anda bisa dengan mudah menemukan pekerjaan sampingan dengan menjadi penerjemah.

Di internet, ada banyak sekali perusahaan/kantor skala kecil dan besar yang membutuhkan penerjemah untuk surat, artikel, jurnal, buku, dan dokumen-dokumen penting lainnya.

11. Pelajaran Musik

Jika Anda berbakat dalam musik, menawarkan kursus musik bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang bagus.

Kemungkinan besar, orang yang akan menjadi murid Anda sudah memiliki instrumen sendiri, sehingga tidak ada modal khusus yang perlu Anda siapkan.

Anda hanya butuh buku musik dalam berbagai genre dan tunjukan keahlian Anda.

Simak juga: Tips: Cara Memulai Bisnis (Tanpa Modal Sepeserpun)

Anda tidak selalu membutuhkan banyak modal untuk memulai bisnis, terutama yang skala kecil. Dan ide terbaik untuk memulai usaha sampingan tanpa modal adalah dengan mengubah hobi atau keterampilan profesional Anda menjadi pekerjaan.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *