Cara-Memulai-Usaha-Tanpa-Modal
Tips Bisnis

10+ Tips: Cara Memulai Bisnis (Tanpa Modal Sepeserpun)

Sering kali, orang merasa kesulitan bahkan gagal memulai bisnis karena terbentur modal. Bahkan, bisnis yang sudah jalan juga bisa tiba-tiba gulung tikar karena modalnya sudah tidak ada.

Modal memang menjadi salah satu hal utama yang ditakutkan oleh banyak pengusaha. Namun tahukah Anda, ternyata ada tersendiri tips dan cara memulai usaha tanpa modal.

Membangun bisnis tidak harus selalu menghabiskan seluruh tabungan dan aset-aset Anda. Bahkan saat Anda hanya memiliki sangat sedikit modal, masih ada berbagai ide bisnis yang bisa Anda coba.

Apalagi di era digital seperti sekarang, banyak fitur dan layanan gratis yang bisa Anda manfaatkan, salah satunya adalah pemasaran via media sosial.

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal Sepeserpun

Cara-Memulai-Bisnis-Tanpa-Modal-Sepeserpun

Jadi, Anda ingin menjalankan bisnis sendiri tapi hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak ada uang tunai untuk dijadikan modal?

Tenang, sepuluh cara dari Bisabisnis berikut bisa Anda lakukan:

1. Manfaatkan Yang Sudah Ada

Mulailah dengan hal apapun yang sudah Anda miliki, seperti pengalaman, pengetahuan/wawasan, bidang yang Anda kuasai, bakat dan keterampilan, aset yang sudah ada (misalnya hp, laptop, internet), dan sebagainya.

2. Pikirkan Ide Usaha

Setelah mengetahui kemampuan, pengalaman, dan wawasan yang Anda punya, pikirkan jenis usaha apa yang paling cocok dengan semua modal yang sudah ada tadi.

Misalnya, jika Anda suka menulis dan sudah memiliki laptop serta wifi di rumah, membuka jasa tulis bisa menjadi ide yang tepat.

Atau, jika Anda suka anak-anak dan telaten mengajar, menjadi guru les di rumah juga bisa dipertimbangkan.

Simak juga: Cara Memulai Bisnis Rumahan & Contoh Ide Bisnisnya

3. Perhatikan Circle

Modal yang Anda miliki dan ide usaha tadi perlu digabungkan dengan orang yang Anda kenal agar memiliki power yang lebih nyata.

Periksa kontak handphone Anda dan temukan beberapa orang yang memiliki hubungan baik dan dekat dengan Anda, kemudian pertimbangkan untuk menciptakan pasar baru dengan menjalin kemitraan.

4. Investasikan Sesuatu

Ada perbedaan besar dalam pola pikir Anda jika Anda memulai suatu bisnis dengan fokus pada keuntungan vs fokus pada usaha.

Jika Anda hanya ingin berinvestasi ketika Anda berpikir bisa memperoleh laba, ada peluang kuat bahwa Anda tidak akan pernah mau mengambil risiko dan hanya fokus pada bisnis yang selalu Anda impikan, bukan peluang yang ada di pasaran.

Karena itu, sesuatu yang akan Anda investasikan haruslah sesuatu yang bisa Anda relakan untuk tidak kembali.

Hal ini akan membuat Anda lebih fleksibel dan tidak mudah stres jika saja bisnis Anda tidak berjalan selancar yang Anda bayangkan atau bahkan gagal.

5. Jangan Resign

Pertahankan dulu pekerjaan Anda saat ini sambil membangun dan mengembangkan bisnis Anda.

Sisihkan penghasilan bulanan Anda untuk membantu mendanai bisnis Anda.

Anda bisa resign setelah bisnis Anda cukup stabil dan memiliki omset yang sesuai harapan.

6. Bereksperimen

Dalam dunia bisnis, trial and error adalah hal biasa. Satu produk yang terlihat sempurna tidak dibuat hanya dalam 24 jam, tapi berbulan-bulan atau bahkan tahunan.

Begitu juga dengan suatu usaha yang terlihat ramai pelanggan, produknya pasti tidak hanya itu-itu saja.

Apalagi jika Anda adalah pengusaha newbie, bereksperimen sebanyak mungkin adalah suatu proses yang harus dilakukan.

Jika Anda mudah puas pada satu produk dan tidak memiliki keinginan untuk mengembangkan atau menciptakan yang baru, pembeli akan bosan dan bisa langsung berpindah langganan.

7. Jangan Mudah Tumbang

Meskipun eksperimen Anda gagal atau tidak mendapatkan respon baik dari pelanggan, jangan mudah berputus asa.

Anda harus tahu bahwa sederet orang sukses yang Anda lihat saat ini tidak berjalan dengan mudah begitu saja.

Ada jalan panjang, berliku, dan terjal yang harus mereka lewati.

Bahkan, setiap bisnis sukses yang Anda lihat saat ini pasti pernah mengalami puluhan bahkan ratusan kali kegagalan di masa lalu.

Jadi, saat belajar tentang cara memulai usaha tanpa modal dan memutuskan untuk menjadi pebisnis, Anda sudah harus siap menerima kegagalan.

Jadikan kegagalan sebagai pelajaran berharga, bukan justru membuat Anda tumbang dan akhirnya gulung tikar.

8. Dedikasikan Waktu, Tenaga, dan Pikiran

Jika Anda memulai bisnis tanpa modal, Anda harus siap untuk mendedikasikan waktu, pikiran, dan tenaga. Jika tidak, bisnis Anda akan mudah gulung tikar hanya dalam hitungan bulan.

Tugas bertemu klien yang bisa dilakukan karyawan harus Anda lakukan sendiri, begitu juga dengan proses produksi dan pengiriman barang.

Terkadang juga Anda harus rela berkeliling menyebarkan brosur untuk menarik pelanggan. Pada awalnya, semua ini akan terasa sangat melelahkan.

Tapi percayalah bahwa keadaan ini tidak akan berjalan selamanya, karena roda selalu berputar.

9. Promosi dan Pemasaran

Saat ini, proses promosi tidak harus selalu menggunakan uang seperti pada era 90-an.

Anda tidak harus memasang banner besar atau iklan di TV dan radio.

Ada promosi gratis yang bisa Anda lakukan, seperti dari mulut ke mulut, posting bisnis Anda di media sosial, menjual produk ke tetangga, teman, dan saudara, atau menjualnya di situs web pihak ketiga.

10. Identifikasi Resiko

Untuk melakukan ini, Anda bisa mencari data dan sumber terkait bisnis Anda dari internet, buku, atau bertanya kepada orang-orang yang pernah menjalankan bisnis tersebut.

Bisa juga dengan memperhatikan kompetitor Anda. Cari tahu bagaimana cara kompetitor Anda mengatasi masalah, mengatasi pelanggan yang rewel, atau solusi yang ditawarkan ketika pelanggan komplain.

Simak juga: Tips: Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Bagi pemula, cara memulai usaha tanpa modal memang susah-susah gampang. Tapi, Anda tetap berpotensi untuk sukses jika Anda memiliki ide, metode, dan perencanaan bisnis yang dibuat dengan matang seperti pada penjelasan di atas.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *