Peluang-Usaha-Sampingan-Karyawan
Peluang Usaha

11+ Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Bermodal Kecil

Jika Anda sedang mencari cara untuk mendapatkan uang tambahan, membuka usaha sampingan adalah ide yang tepat untuk dicoba.

Berkat kemudahan yang diberikan oleh internet, membuka usaha tidak lagi susah seperti beberapa tahun silam.

Ada banyak peluang usaha sampingan karyawan yang hanya membutuhkan sedikit modal atau bahkan tanpa modal. Silahkan simak ulasannya hingga selesai dari Bisabisnis berikut.

Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Bermodal Kecil

Ide-Usaha-Sampingan-Untuk-Karyawan-Bermodal-Kecil

Beberapa ide usaha sampingan yang tercantum di bawah ini menawarkan hasil yang relatif cepat dan dengan modal seadanya:

1. Jual Pulsa

Ide usaha ini bisa dibilang tidak membutuhkan modal sama sekali. Karena alat utama berupa handphone pastinya sudah Anda miliki.

Untuk menjual pulsa, Anda juga tidak membutuhkan keahlian dan pengalaman khusus. Anda hanya perlu mencari distributor pulsa yang bagus dan mentransfer pulsa ke pembeli.

Silahkan simak selengkapnya pada: 7+ Tips: Cara Memulai Usaha Jual Pulsa Untuk Pemula, jika Anda ingin mengetahui secara lengkap.

2. Dropshipper Online

Dropship adalah metode penjualan yang relatif mudah, karena Anda tidak perlu menyimpan produk yang dijual dalam stok.

Saat mendapatkan pesanan, Anda hanya perlu membeli barang dari supplier dan supplier akan mengirimkannya langsung ke alamat pembeli.

Jadi, Anda tidak perlu repot mengemas barang dan mengantarkannya ke jasa ekspedisi.

Anda juga tidak perlu memiliki karyawan dan menyewa tempat untuk toko fisik, sehingga usaha ini termasuk tidak membutuhkan banyak modal.

Anda hanya harus memiliki smartphone dan data internet. Jika tertarik untuk memulai bisnis dropship, membuka toko online di e-commerce adalah pilihan terbaik.

3. Menjual Foto

Jika Anda suka dunia photography dan memiliki kamera sendiri, hasil jepretan Anda bisa dijual di berbagai website penjualan foto.

Atau, tawarkan jasa Anda kepada teman kantor, tetangga, dan saudara.

Bisa juga dengan mempostingnya di akun media sosial Anda.

4. Kursus Online

Gunakan keahlian dan keterampilan yang Anda miliki untuk membuat kursus online sendiri.

Tergantung pada seberapa banyak waktu yang Anda investasikan dalam kursus Anda, Anda bisa menghasilkan pendapatan tambahan yang substansial tanpa mengeluarkan modal.

5. Penulis atau Penerjemah Freelance

Jika Anda suka dunia tulis menulis, Anda bisa membuat website sendiri dan mengisinya, atau menjadi ghost writer untuk membantu blogger lain menulis artikel.

Gunakan situs-situs seperti Freelancer, Upwork, Sribulancer, dan lainnya untuk mengiklankan layanan Anda.

Begitu juga dengan keahlian bahasa asing Anda. Saat ini, jasa translator cukup banyak dibutuhkan, baik untuk menerjemahkan artikel, buku, film, jurnal, makalah, dsb.

Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan modal sama sekali, karena Anda sudah memiliki keahlian, laptop untuk bekerja, dan koneksi internet serta handphone untuk komunikasi.

6. Kursus Musik

Hobi bermain musik dan bernyanyi? Keduanya bisa dijadikan sebagai ide peluang usaha sampingan karyawan yang cukup mudah dilakukan dan tanpa modal.

Karena alat musik yang biasa Anda mainkan pastinya sudah ada di rumah, sedangkan murid yang akan kursus biasanya juga sudah memiliki alat musik sendiri.

Anda hanya perlu menyiapkan tempat yang nyaman, yang bisa dimulai dari rumah Anda sendiri.

7. Bisnis Hampers

Saat ini, hampers adalah sesuatu yang banyak dicari dan bukan termasuk produk musiman, karena permintaan pasar bisa datang kapan saja.

Tak hanya hampers untuk lamaran atau nikahan, hampers juga bisa dijadikan sebagai hadiah untuk kelahiran bayi, kado ulang tahun, kado rumah baru, bingkisan saat berkunjung ke rumah saudara atau mertua, saat lebaran, dsb.

Untuk jenisnya sendiri juga sangat beragam tergantung kemana hampers tersebut akan diberikan. Ada hampers kue-kue kering, aneka buah, mainan anak, bahkan alat masak.

Tapi sebelum memulai bisnis ini, Anda harus belajar dulu bagaimana cara menata dan mendekor hampers yang cantik. Jadikan barang biasa menjadi terlihat istimewa dengan keterampilan Anda.

8. Usaha Cuci Motor atau Karpet

Kedua ide usaha ini membutuhkan modal peralatan yang hampir sama, yaitu kompresor, pompa dan selang air, kain lap, lahan kerja bisa berupa halaman, peralatan semir ban motor, dan sabun cuci karpet / shampo motor.

Untuk cara mencuci yang benar, bersih, dan cepat, Anda bisa mempelajarinya dari internet atau bertanya kepada orang yang membuka usaha serupa.

9. Kos-kosan

Jika kebetulan rumah Anda besar dan memiliki banyak kamar, plus lokasinya dekat dengan jalan raya atau sekolah dan perkantoran, ide bisnis kos-kosan bisa Anda pertimbangkan.

Jika Anda tinggal di dekat tempat wisata, Anda juga bisa mencoba menyewakan kamar per malam melalui iklan di media sosial.

10. Blogger

Jika Anda suka menulis, temukan topik yang Anda sukai dan mulailah membuat blog Anda sendiri untuk membahas topik tersebut dan hal menarik lainnya yang ingin Anda bicarakan.

Anda hanya membutuhkan komputer, waktu, dan tenaga untuk menulis secara konsisten.

Ide ini bisa dimulai sebagai hobi dan berubah menjadi bisnis seiring waktu.

11. Membuat Kue dan Cupcake

Suka memanggang kue dan memiliki sedikit keterampilan artistik? Maka Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat dan menghias kue, lalu menjadikannya sebagai lahan bisnis.

Jual kreasi Anda secara online di akun Facebook, Instagram, atau e-commerce.

Bisa juga secara offline ke tetangga dan teman dekat rumah.

12. Merajut, Merenda, atau Quilting

Terampil membuat selimut dan sweater? Atau membuat benda unik apapun dari kain perca? Ada pasar yang sangat besar untuk jenis barang ini.

Anda bisa membuatnya di waktu luang dan menjualnya di toko-toko terdekat atau toko online Anda sendiri.

Simak juga: Tips: Cara Menjadi Pengusaha Sukses 

Apa pun ide peluang usaha sampingan karyawan yang Anda pilih, pastikan bahwa metode yang Anda gunakan sesuai dengan keahlian, wawasan, dan modal Anda.

Jenis bisnis sampingan apa pun bisa membantu Anda mendapatkan uang ekstra asalkan Anda bekerja keras.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *