Tips Memulai Bisnis Aksesoris HP

Tips Memulai Bisnis Aksesoris Hp

Usaha di bidang gadget mungkin butuh banyak modal. Tapi ada satu bidang usaha yang sangat strategis selain gadget, yaitu aksesoris. Salah satunya adalah aksesoris HP. Semua orang pasti ingin memberikan perlindungan ekstra untuk HP mereka.

Karena itulah ada beragam jenis aksesoris yang diproduksi, mulai dari produk pelindung layar, softcase, cover tahan air, tongsis, sampai tripod. Jika Anda jeli melihat peluang, bisnis ini bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Anda bisa memulai untuk menganalisis tips memulai bisnis aksesoris HP yang paling mudah, karena modal awal yang dikeluarkan tak perlu besar. Lakukan pengembangan bisnis secara bertahap. Jika bisnis sudah cukup menghasilkan keuntungan, Anda bisa membuka cabang.

Bisnis ini bahkan bisa dijalankan dengan sistem online. Anda bisa memasarkan aksesoris HP berharga terjangkau di situs jual beli. Langkah ini jadi senjata ampuh jika Anda tak punya banyak biaya untuk menyewa kios. Berikut adalah beberapa tipsnya yang bisa Anda pelajari lebih lanjut.

1. Lakukan Riset Pasar

Aksesoris adalah produk yang dinamis. Produk ini mengalami perubahan tren yang sangat cepat. Misalnya dulu Anda suka menggunakan gantungan HP. Tapi sekarang siapa yang masih menggunakan produk tersebut? Hampir tidak ada, bukan?

Tren penggunaan aksesoris HP inilah yang harus Anda amati. Masukkan produk aksesoris yang memang sedang digemari saat ini. Jenis aksesoris yang tak ada matinya saat ini seperti softcase dan pelindung layar. Tapi tiap tipe HP punya bentuk aksesoris tambahan yang berbeda.

Minimal sebelum mulai berbisnis, lakukan riset mengenai produk apa saja yang diinginkan konsumen. Kemudian cari spesifikasi masing-masing produk untuk jenis HP yang berbeda. Selanjutnya lihat harga pasaran aksesoris tersebut secara online.

2. Riset Harga Sewa Ruko

Jika ingin berjualan secara offline, Anda membutuhkan tempat. Rumah yang lokasinya strategis di pinggir jalan raya bisa jadi pilihan Anda untuk meringankan biaya sewa. Tapi jika tidak punya rumah strategis, Anda terpaksa harus mencari kios atau ruko yang disewakan.

Anda harus melakukan riset harga sewa ruko, kemudian pilih ruko yang lokasinya strategis dan sering dilalui orang. Lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan, kampus, sekolah, perkantoran, dan stadion bisa jadi lokasi yang sangat menjanjikan untuk bisnis Anda.

3. Perhitungan Modal Awal

Modal pasti dibutuhkan untuk memulai usaha. Modal di sini bukan hanya uang semata, tapi juga berupa tenaga, pengetahuan, tenaga kerja, kendaraan transportasi, dan lain sebagainya. Perhitungkan modal dengan cermat, terutama jika Anda memutuskan untuk berjualan di toko offline dengan modal banyak.

Setidaknya ada beberapa perhitungan yang harus Anda masukkan, yaitu:

  • Biaya stok produk aksesoris.
  • Biaya transport.
  • Harga sewa ruko/kios.
  • Biaya listrik untuk bulan pertama.
  • Pembelian etalase kaca.
  • Gaji karyawan (jika memang menghendaki ada karyawan).
  • Biaya iklan (seperti pembuatan spanduk, papan nama toko, brosur, dan lain sebagainya).

4. Perhitungan Modal untuk Jualan Online

Tips memulai bisnis aksesoris HP lewat online jauh lebih murah dalam hal modal. Anda tidak perlu menyewa ruko, karyawan, listrik, dan lain sebagainya di awal bisnis berjalan. Item yang diperlukan untuk memulai bisnis online antara lain:

  • Ruang penyimpanan dan operasional (bisa memanfaatkan rumah Anda).
  • Stok produk populer.
  • Persiapan kemasan pengiriman.
  • Nota dan kertas label pengiriman.
  • Biaya transport pengiriman barang.
  • Handphone dan kuota internet.

5. Mencari Supplier Aksesoris HP

Langkah berikutnya yang sangat penting adalah mencari supplier aksesoris HP. Anda tentunya berpikir untuk mencari supplier yang menawarkan harga termurah. Tapi jangan sampai Anda mengabaikan kualitas produk yang akan dijual kembali, karena hal ini bisa membuat konsumen kecewa.

Ada 2 langkah yang bisa dilakukan ketika memilih supplier, yaitu:

  • Memilih supplier dari marketplace online. Pilihlah toko online yang terpercaya. Anda bisa membeli produk dari sana, terutama untuk item yang tak berat dan mudah dikirimkan.
  • Memilih supplier offline dengan sistem grosir. Biasanya supplier ini ada di kota-kota besar Indonesia, kemudian Anda bisa menjualnya kembali dengan sistem online atau offline.

6. Persiapan Buka Toko

Jika stok barang dan modal sudah siap, maka kini giliran pembukaan toko. Bagi Anda yang berbisnis offline, maka toko harus dipersiapkan dengan baik. Misalnya dengan mengubah desain interior dan eksterior, memasang spanduk, plakat, dan neon box sebagai identitas toko.

Jika memilih toko online, maka Anda bisa membuat akun di marketplace. Ada banyak pilihan marketplace terkenal Indonesia. Anda tak perlu membuat website toko sendiri karena marketplace ini punya jangkauan promosi yang luas. Membuka akun lebih dari 1 marketplace bisa jadi langkah tepat.

7. Strategi Berjualan Online

Bagi Anda yang mau berjualan dengan sistem online, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Foto produk yang dijual harus jelas, berkualitas tinggi, dan menarik. Anda bisa minta katalog foto dari distributor atau memotret sendiri.
  • Berikan deskripsi produk yang sangat detail. Deskripsi ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen dalam memilih item aksesoris mana yang paling cocok untuk HP-nya.
  • Cantumkan harga dengan jelas, kemudian jika ada skema promo juga cantumkan di bawah harga.

8. Beriklan Lewat Media Sosial

Toko offline ataupun online tidak akan dikenal publik tanpa adanya iklan yang intens. Bagaimana cara Anda beriklan? Anda bisa gunakan cara modern dengan media sosial. Buatlah akun khusus toko di Instagram atau Facebook, kemudian rutinlah mempromosikan setiap produk di media sosial tersebut.

Anda juga bisa masuk dalam grup jual beli daerah. Biasanya grup ini punya banyak member yang sedang mencari berbagai jenis barang. Platform marketplace di Indonesia juga memberikan fitur iklan bagi toko-tokonya. Anda bisa mengiklankan toko Anda dengan biaya pendaftaran yang murah.

9. Berikan Harga Bersaing

Agar Anda mendapatkan konsumen setia, berikan harga yang bersaing. Apalagi jika Anda berjualan secara offline. Mematok harga yang lebih murah dibandingkan toko lain di wilayah tersebut akan jadi ajang promosi yang bagus. Tapi Anda harus bisa mencari supplier dengan harga murah juga.

10. Berikan Layanan Customer Service

Anda juga harus mengoptimalkan komunikasi dengan pembeli. Balaslah setiap chat yang masuk sedetail mungkin. Calon pembeli ini memang sedang bingung mencari produk aksesoris yang cocok untuk handphonenya. Jadi, penjelasan dari seller adalah solusi terbaik.

Simak juga: √ 10+ Cara Memulai Bisnis Pampers Yang Perlu Anda Pelajari

Tips memulai bisnis aksesoris HP bisa dijalankan dengan mudah jika Anda bisa menganalisa tren pasar. Setelahnya lakukan perhitungan modal, mencari supplier murah, membuka toko offline, dan online, serta mempromosikan toko tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like