Cara Memulai Bisnis Online di Instagram Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online Di Instagram

Instagram menjadi media sosial yang sangat populer sekarang. Karena itulah banyak orang yang memanfaatkan Instagram sebagai ajang mencari popularitas. Ada pula yang memanfaatkan media sosial ini sebagai lahan bisnis.

Tapi, bagaimana cara memulai bisnis online di Instagram? Anda bisa jadi salah satu pebisnis yang sukses di Instagram. Namun, Anda harus paham dulu bagaimana Instagram ini bekerja. Sekarang bahkan Instagram sudah menambahkan fitur “belanja” pada menunya. Opsi ini menjadi angin segar bagi para pemilik produk/toko online di Instagram.

Persaingan antar penjual produk pun semakin tinggi. Karena itu, selain produk yang dijual harus berkualitas, strategi marketing yang tepat pun harus Anda kuasai. Jika tidak, bisa jadi Anda tak mampu bersaing. Sebaiknya, Instagram bisa jadi media iklan yang bisa menjangkau banyak kalangan.

Anda harus memanfaatkan media sosial ini semaksimal mungkin. Instagram bisa jadi tempat “display” barang yang Anda jual. Instagram bisa jadi semacam “gerai” atau “butik” dimana calon pembeli bisa bebas melihat-lihat foto produk yang Anda jual. Karena itu, manfaatkan Instagram dengan tips berikut:

1. Pilih Fokus Bisnis

Ada banyak jenis bisnis yang dipasarkan via Instagram, mulai dari bisnis yang sepenuhnya online hingga toko offline. Jadi, jika Anda ingin mulai bisnis, pertimbangkan jenis bisnis apa yang akan dijalankan. Misalnya bisnis dalam bidang pakaian, elektronik, makanan, skincare, dan lain sebagainya.

2. Apakah Anda Punya Brand?

Jika sebelumnya Anda sudah punya brand produk sendiri, maka Instagram bisa jadi tempat promosi brand Anda. Tapi jika belum punya, Anda bisa membuat brand baru. Setelah memilih 1 jenis bidang usaha, tentukan brand Anda. Langkah ini lumayan sulit dan berat.

Apalagi ditambah dengan berbagai jenis perizinan. Jika Anda tak sanggup membuat brand sendiri, pasarkan saja brand pihak lain yang sudah ada. Misalnya dengan menjadi distributor skincare, makanan, produk kesehatan, tas, sepatu, pakaian, dan lain-lain.

3. Trik Fotografi yang Bagus

Jika produk brand sendiri sudah siap, saatnya Anda menyiapkan foto yang instagramable. Langkah ini penting karena semakin menarik foto yang dipajang, maka pengunjung akun juga semakin banyak. Foto yang seadanya akan menurunkan kredibilitas toko online Anda.

Jika Anda tak punya kemampuan fotografi, sewalah fotografer profesional. Kualitas dan keunikan foto produk bahkan menjadi salah satu kunci keberhasilan toko Anda menjual produk. Jika Anda menjualkan produk pihak lain, mintalah katalog foto dari produsen/distributor tersebut.

4. Mengumpulkan Followers

Cara memulai bisnis online di Instagram yang paling sulit adalah mengumpulkan followers. Jika Anda berpikir bahwa membeli followers adalah langkah tepat, cobalah untuk berpikir ulang. Membeli followers hanya akan menipu diri sendiri bahwa akun Anda laris manis.

Padahal followers tersebut hanya bot atau akun fiktif. Akibatnya meskipun postingan banyak, tapi reaksi like dan komentar akan sedikit. Hal ini justru akan menurunkan citra toko online Anda. Bisa jadi toko Anda dianggap sebagai akun penipu.

Karena itu, gunakan strategi meningkatkan follower yang benar. Berikut ini beberapa strategi untuk meningkatkan followers dengan tepat, yaitu:

  • Perkenalkan akun baru Anda dengan teknik giveaway. Memberikan kuis berhadiah kepada followers dengan cara share link akun dan mengundang orang lain untuk follow akun ini sangat efektif. Anda bisa dapat banyak followers baru hanya dalam waktu singkat.
  • Lakukan paid promote di akun-akun besar. Tapi pastikan Anda punya dana dan juga memiliki target selebgram/akun terpercaya.

Banyak toko di Instagram yang berjualan juga di marketplace. Hal ini bisa menumbuhkan kepercayaan konsumen karena toko melibatkan pihak ketiga. Anda pun juga harus demikian, sebisa mungkin jadikan Instagram hanya sebagai butik katalog produk. Sedangkan transaksi bisa dilakukan lewat marketplace.

Anda bisa membuat akun toko di Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya. Semakin lengkap semakin baik, karena masyarakat punya preferensi marketplace berbeda-beda yang menurut mereka nyaman digunakan. Anda pun harus menuruti kemauan calon konsumen tersebut.

6. Unggah Produk Secara Berkala

Jangan mengunggah ratusan foto dalam 1 hari. Hal ini justru akan membuat followers Anda jenuh dan merasa terganggu. Langkah paling bijak adalah mengunggah foto produk secara berkala. Anda bisa upload sekitar 1-3 foto perharinya. Pastikan keterangan foto tersebut informatif dan bisa menarik.

7. Berikan Promo Khusus

Bagaimana cara meningkatkan pelanggan setia toko Anda? Promo berkala adalah jawabannya. Promo bisa berupa diskon pembelian atau bundling dengan harga murah. Selain itu, gratis item khusus tiap pembelian tertentu juga jadi promo yang menarik.

Ada banyak jenis promo yang bisa menarik pelanggan. Anda tinggal menyesuaikan dengan strategi keuangan usaha. Jangan sampai promo yang diberikan terlalu berlebihan dan membuat Anda rugi besar. Berikan promo sewajarnya, tapi kemas dengan kata yang menarik perhatian.

8. Menggunakan Fitur Promotion

Instagram kini juga sudah dilengkapi dengan fitur “promotion” untuk para pebisnis online. Anda bisa mendaftar program ini jika ingin akun IG dipromosikan oleh pihak IG langsung. Akun yang ikut program promosi akan muncul di beranda/home dan mudah dilihat oleh user IG.

9. Cermat Memilih Hashtag

Hashtag memudahkan user IG untuk mencari topik/produk berdasarkan kategorinya. Anda bisa memanfaatkan hashtag untuk menggaet pelanggan baru. Cukup gunakanlah hashtag yang memang berkaitan dengan produk Anda. Jangan sembarangan mencantumkan hashtag hanya karena bingung.

Sebenarnya mencantumkan banyak hashtag juga sah. Tapi yang jadi mengganggu jika Anda menggunakan hashtag yang sama sekali berbeda dengan produk Anda. Misalnya Anda menjual kopi, tapi Anda juga mencantumkan hashtag pakaian, baju, celana, dan lain sebagainya.

10. Pengelolaan Keuangan

Bisnis akan berjalan lancar jika keuangannya dikelola dengan baik. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai keuangan bisnis IG ini, yaitu:

  • Sebisa mungkin buatlah rekening sendiri atas nama toko/perusahaan. Hal ini bisa menambah kredibilitas toko Anda.
  • Jika tidak mungkin membuat akun rekening perusahaan, Anda bisa menggunakan nama pribadi. Buatlah rekening bank khusus untuk bisnis.
  • Hindari mengelola keuangan bisnis dan pribadi dalam 1 rekening.
  • Lakukan pembukuan arus keluar masuk dana bisnis Anda secara teratur.
  • Buatlah dompet digital untuk memudahkan calon pembeli Anda melakukan pembayaran.

Simak juga:: 10 Tips Memulai Bisnis Aksesoris HP Yang Paling Mudah

Cara memulai bisnis online di Instagram sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu fokus pada 1 jenis produk, membuat brand, atau memasarkan brand pihak lain. Lakukan pemasaran dengan sistem giveaway atau promo menarik. Jangan lupa, pastikan foto produk cukup Instagramable dan artistik.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like