Contoh-Usaha-Mikro
Peluang Usaha

9+ Contoh Usaha Mikro: Berbagai Bidang Yang Sukses

Jika Anda memiliki waktu dan energi lebih untuk melakukan pekerjaan lain, memulai usaha mikro bisa Anda pertimbangkan.

Usaha mikro biasanya memiliki satu pemilik dan 1-5 karyawan.

Usaha ini kecil, sederhana, fleksibel, dan biasanya berfokus pada satu produk atau layanan, tapi bisa memaksimalkan keuntungan jika dilakukan dengan cara-cara yang benar.

Inilah beberapa referensi dari Bisabisnis mengenai contoh usaha mikro yang bisa Anda coba.

Contoh Usaha Mikro Yang Sukses Layak Ditiru

Contoh-Usaha-Mikro-Yang-Sukses-Layak-Ditiru

1. Layanan Kebersihan Rumah/Kantor

Jenis usaha ini memiliki target pasar yang luas, mulai dari hunian pribadi, kantor/perusahaan, sekolah/kampus, dan bangunan komersial lainnya. Anda bisa menawarkan layanan harian, satu kali per minggu, satu bulan sekali, atau paket lainnya.

Dengan tarif rata-rata Rp 15.000 per meter, layanan ini bisa menghasilkan pendapatan besar untuk layanan yang sederhana namun diperlukan.

Karena sifat dari layanan kebersihan adalah datang ke tempat klien, Anda tidak membutuhkan kantor fisik, harga peralatan juga tidak terlalu mahal, bisa langsung menerima uang setiap kali tugas selesai, dan jam operasinya fleksibel.

Karyawan yang ingin Anda rekrut juga tidak harus menempuh pendidikan khusus atau pengalaman tertentu, sehingga gaji yang diberikan seringkali mendekati minimum.

2. Bisnis Food Truck

Pecinta makanan yang ingin memulai kewirausahaan dalam bidang kuliner tapi belum bisa membuka restoran bisa mencoba bisnis food truck.

Dibanding membuka restoran, bisnis ini jauh lebih terjangkau dan mudah dikelola.

Food truck adalah kendaraan besar dengan dapur untuk membuat dan menyajikan makanan.

Bisnis ini adalah inovasi baru dalam industri kuliner. Terutama di perkotaan, bisnis ini memiliki banyak peminat dan seolah tak pernah sepi pelanggan, mulai dari pelajar hingga karyawan.

Hal ini karena konsep unik yang diusung oleh food truck bisa membawa masyarakat mendapatkan pengalaman kuliner baru yang menyenangkan.

Beberapa contoh makanan hits yang bisa Anda jadikan menu adalah nasi panggang dengan topping, Indonesian BBQ, waffle sandwich, poutine (kentang goreng dengan siraman saus gravy dan parutan keju), burger bakpao, sushi taco, ice cream aneka rasa / topping, dan cookie fries.

Simak juga: Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Bermodal Kecil

3. Menjual Tanaman

Jika Anda aktif di Instagram, Anda pasti sudah tahu bahwa saat ini semakin banyak orang suka mendekorasi rumah dengan berbagai jenis tanaman.

Tren ini membuat permintaan tanaman hias meningkat pesat, yang merupakan ladang basah untuk dijadikan bisnis.

Tanaman memang memainkan peran penting dalam mempercantik properti dalam segala bentuk dan ukuran.

Anda bisa menjual pohon bonsai, kaktus, bunga anggrek, mawar, anthurium, lavender, lidah mertua dan aneka tanaman indoor lainnya.

4. Barbershop

Barbershop adalah salah satu bisnis mikro populer yang banyak diminati.

Hal ini karena barbershop menawarkan lebih banyak fasilitas dan pelayanan dari tukang cukur konvensional, seperti referensi model rambut selalu update, cuci rambut sebelum/sesudah dipotong, pijat kepala, creambath, ruangan lebih nyaman dan ber-AC, serta ada berbagai produk rambut sesuai kebutuhan pelanggan.

Jika Anda sudah memiliki pelatihan khusus, sertifikat, atau banyak pengalaman dalam bidang ini, jangan ragu untuk memulai bisnis barbershop.

Karena bisnis ini tidak akan pernah mati dan target pasar sangat luas, terutama jika Anda tinggal di perkotaan.

5. Bidang Pendidikan

Contoh usaha mikro berikutnya adalah bisnis dalam bidang pendidikan, seperti bimbel/tempat les, home schooling, kursus musik atau seni, guru Bahasa Inggris online, pelatih persiapan tes/ujian, pelatihan karyawan, dan pusat pengembangan keterampilan.

Tapi untuk memulai salah satu ide ini, Anda dan karyawan Anda harus memiliki pengalaman dan wawasan yang mumpuni.

6. Jasa Pindahan

Banyak orang yang pindah rumah tidak ingin kerepotan sendiri untuk mengangkat dan mengangkut barang. Di sinilah jasa pindahan sangat berperan.

Bisnis ini memiliki peluang yang sangat besar, terutama di kota besar seperti Semarang, Jakarta, dan Surabaya.

Konsumennya tidak terbatas pada personal tapi juga kantor/perusahaan.

7. Bisnis Franchise / Waralaba

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menjalankan bisnis ini, seperti modal yang lebih minim, supplier terpercaya, tidak perlu membangun merk, bahan baku dan peralatan juga sudah disediakan oleh mitra Anda.

Dan kabar baiknya, tidak setiap waralaba akan dikenakan biaya jutaan rupiah untuk bermitra, ada banyak waralaba yang bisa Anda mulai dengan modal 1 jutaan saja.

Contoh usahanya sendiri ada banyak, mulai dari aneka makanan dan minuman sampai pertamina mini, klinik, kursus bahasa asing, dan jasa kurir.

8. Bisnis Fashion

Mode pakaian yang selalu berganti merupakan peluang bisnis yang tidak akan pernah mati.

Ada banyak sekali jenis fashion yang bisa Anda jual, mulai dari pakaian, tas, sepatu, dan aneka aksesoris baju atau rambut.

Anda bisa membuka toko fisik, berjualan secara online di Instagram, atau bergabung dengan e-commerce.

Jika tidak bisa membuat brand dan produk sendiri, Anda bisa mengambil dari supplier dan jual kembali.

Anda bisa menjadi reseller, dropshipper, atau jastip.

Kunci sukses dari bisnis ini adalah Anda harus tahu fashion apa yang sedang trend saat ini dan berikan layanan ramah serta fast respon.

9. Layanan Hewan Peliharaan

Industri jasa hewan peliharaan adalah salah satu yang terus berkembang, terutama kucing dan anjing. Bisnis ini termasuk mudah dipelajari dan diatur.

Anda hanya perlu mulai mengiklankan bisnis baru Anda secara online atau dengan selebaran dan poster. Layanannya bisa berupa penitipan hewan peliharaan, perawatan, atau jual makanan dan baju kucing / anjing.

Simak juga: [Peluang] Usaha Sampingan Tanpa Modal Sepeserpun

Era digital menyediakan begitu banyak alat dan jalan mudah untuk memulai salah satu dari sembilan contoh usaha mikro di atas.

Anda bisa melakukan promosi dan penjualan secara online, komunikasi via chat dan telepon, dan untuk beberapa produk bisa dikirim menggunakan jasa ekspedisi.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *