Tips Memulai Usaha Kue Kering

Tips Memulai Usaha Kue Kering

Bisabisnis – Kue kering merupakan salah satu panganan cemilan yang populer di Indonesia. Makanan ini cocok untuk menemani waktu bersantai di rumah atau disajikan untuk tamu yang datang.

Sehingga tips memulai usaha kue kering pun gencar dicari karena mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Di Indonesia, banyak sekali jenis kue kering mulai dari yang sifatnya tradisional hingga ala luar negeri.

Jika Anda ingin memulai bisnis ini, banyak tips yang perlu Anda ikuti sehingga bisa berkembang dan sukses. Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin memulai usaha ini.

1. Buat Perencanaan Matang

Tidak ada satupun bisnis yang bisa berjalan dengan lancar tanpa perencanaan yang matang. Anda harus mengetahui tipe bisnis kue kering mana yang ingin dijalankan. Anda bisa fokus ke salah satu jenis kue saja atau memilih ragam jenis kue dalam satu rumah produksi.

Ada banyak jenis kue kering yang terkenal di Indonesia seperti putri salju, nastar, lidah kucing, dan olahan sagu keju. Mulailah dengan survey untuk menentukan jenis kue apa yang banyak dicari konsumen. Lalu sesuaikan dengan budget modal usaha yang Anda miliki.

2. Lakukan Trial Error Resep

Beda jenis kue yang dibuat, maka beda pula resep yang digunakan. Bahkan satu jenis kue kering bisa memiliki banyak jenis resep. Untuk menemukan rasa yang pas, Anda harus melakukan trial dan error. Carilah beberapa resep di internet atau buku dan mulailah mencari rasa yang tepat.

Sambil trial dan eror, Anda juga sekaligus belajar untuk mengira-ngira modal yang akan dikeluarkan. Pasalnya, perbedaan jenis tepung atau mentega akan mempengaruhi rasa kue. Jika Anda tak memiliki dasar membuat kue, ikutilah pelatihan atau kelas membuat kue terlebih dahulu.

3. Gunakan Bahan Berkualitas

Memasak untuk diri sendiri dan memasak untuk berjualan tentu saja dua hal yang berbeda. Saat berjualan, ingatlah bahwa Anda sedang memasuki dunia persaingan yang ketat soal harga dan rasa. Jarang ada konsumen yang mau membeli harga murah namun rasa kue tidak enak.

Untuk itu, utamakan kualitas bahan. Contohnya penggunaan telur. Gunakan telur yang baru karena banyak bisnis yang mengandalkan telur yang sudah pecah. Perbedaan kecil ini mempengaruhi rasa dan tingkat higienis dari kue. Bahan terbaik juga membuat kue bertahan lebih lama.

4. Inovasi

Tips memulai usaha kue kering yang tak kalah penting adalah dengan berinovasi. Buatlah kue Anda berbeda dari yang lainnya, seperti penambahan bahan lain atau kreasikan bentuknya. Dengan begitu, konsumen akan penasaran dan tertarik untuk membeli kue kering produksi Anda.

Untuk berinovasi seperti ini, lakukanlah riset di berbagai kanal video seperti YouTube, buku resep, atau website memasak. Di sana Anda akan melihat berbagai bentuk kue yang menarik. Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk bisa diaplikasikan ke bisnis kue kering yang dijalani.

5. Tentukan Kemasan Kue

Kemasan kue akan mempengaruhi seberapa banyak modal yang akan dikeluarkan. Berbeda jenis kemasan, maka berbeda pula target pemasarannya. Jika Anda menyasar sarana oleh-oleh misalnya, kue kering sebaiknya dikemas dalam sebuah toples untuk meningkatkan nilai jual.

Namun jika kue kering yang anda jual akan menyasar pasar yang kecil seperti warung-warung, kemaslah dengan bahan plastik. Hal ini bisa menghemat budget sehingga kue bisa dijual dengan harga yang cukup murah. Jangan lupa tempelkan logo usaha untuk branding.

6. Ketahui Sasaran Pasar

Beda sasaran pasar, maka beda pula modal, sarana promosi, dan kemasan yang akan dipilih. Untuk itu, tentukan terlebih dahulu di pasar mana kue kering Anda akan melebarkan sayap. Jika modal masih minim, Anda bisa memulai usaha kecil-kecilan dengan menjajakannya di warung terdekat.

Jika baru memulai usaha, sebaiknya Anda lakukan branding terlebih dahulu dan tidak langsung membuka toko. jika branding sudah berhasil dan banyak orang yang sudah mengenal kue Anda dan menjadi langganan, barulah buka toko kue atau menitipkan di toko yang lebih besar.

7. Rencanakan Modal Usaha

Setelah mengetahui jenis resep, bahan yang akan digunakan dan tipe kemasan penjualan, maka mulailah menghitung modal yang akan dikeluarkan. Jangan lupa untuk menyertakan modal tenaga bagi Anda sendiri atau karyawan yang nantinya akan bekerja bersama Anda.

Setelah mengetahui modalnya, nanti Anda bisa memproyeksikan harga jual ke konsumen, harga jual ke supplier, serta keuntungan yang ingin diperoleh. Anda juga harus berhati-hati dengan beberapa bahan yang sering mengalami kenaikan seperti telur agar tidak merugi nantinya.

8. Tentukan Harga

Umumnya, pengambilan keuntungan penjualan adalah 30%. Namun bukan berarti Anda harus mengikuti strategi tersebut. Yang terpenting adalah bisnis Anda jalan terlebih dahulu. Kue yang dibanderol dengan harga tak wajar tentunya sulit bersaing dengan produsen lainnya.

Penentuan harga ditetapkan dengan melihat bahan baku yang bisa saja naik dan turun, upah pekerja, dan upah distribusi. Setelah itu, baru tentukan keuntungan nett. Pastikan harga jualnya bersifat kompetitif di pasaran.

9. Tentukan Sarana Promosi

Anda perlu menyiapkan strategi promosi yang baik untuk penjualan kue. Jika masih dalam skala kecil, mungkin Anda bisa melakukannya dari mulut ke mulut. Namun jika menyasar pasar yang luas, mungkin Anda harus mempertimbangkan penggunaan media sosial.

Upload ragam kue kering yang diproduksi melalui status atau posting feed di Instagram. Tanpa harus menawarkan pada teman-teman, mereka sendirilah yang akan melihat produk yang dijual. Gunakan bahasa promosi yang menarik sehingga mereka tertarik untuk membeli.

10. Jangan Gunakan Bahan Berbahaya

Tak sedikit produsen nakal yang mengambil jalan pintas untuk mendapatkan keuntungan besar. Sebagian dari mereka ada yang menggunakan bahan berbahaya agar kue tetap awet dalam jangka panjang, ada juga yang menggunakan pewarna tekstil agar tampilan lebih menarik.

Pastikan bahwa produk yang Anda jual selalu aman dan higienis. Bagaimanapun, merintis usaha bukanlah hal yang mudah. Jangan biarkan kepercayaan konsumen luntur hanya karena ingin mendapatkan keuntungan besar.

Simak juga:: 10 Cara Bisnis Jual Sosis Bakar Yang Bisa Anda Pelajari

Tips memulai usaha kue kering di atas bisa Anda lakukan agar usahanya semakin sukses dan berkembang. Jangan ragu hanya karena modal yang tak mencukupi. Mulailah merintis dari usaha kecil dengan fokus ke produk, promosi dan harga yang bersaing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like