Contoh-Usaha-Perseorangan
Peluang Usaha

10+ Contoh Usaha Perseorangan Dalam (Berbagai Bidang)

Usaha perseorangan adalah jenis usaha yang tidak berbadan hukum dan hanya memiliki satu pemilik (tidak terdaftar sebagai korporasi/kemitraan/PT).

Dan jika ada masalah, misalnya digugat atau hutang, pemilik tersebut akan bertanggung jawab secara pribadi.

Untuk memulai salah satu contoh usaha perseorangan ini, Anda tidak membutuhkan banyak dana, cukup energi, semangat, dan dorongan untuk sukses. Berikut daftar contohnya.

Contoh Usaha Perseorangan Di Rumah

Contoh-Usaha-Perseorangan-Di-Rumah

Terkadang peluang usaha paling sederhana adalah yang paling sukses, seperti:

1. Home Catering

Anda bisa membuka katering yang menawarkan layanan untuk acara pernikahan, acara keagamaan, ulang tahun, reuni, dan berbagai acara pesta atau pertemuan bisnis lainnya.

Dalam kebanyakan kasus, pemilik tunggal yang mengoperasikan katering rumahan membutuhkan beberapa karyawan untuk memasak, mengemas, menerima pesanan, dan mengantarkan barang.

2. Penulis Freelance

Beberapa penulis bekerjasama dengan perusahaan penerbitan kecil, dan beberapa yang lain menulis secara independen.

Jenis kedua biasanya memberikan konten kepada pemilik website tertentu, atau kepada perusahaan untuk dijual kembali ke konsumen.

Simak juga: [Daftar] Contoh Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan

3. Bimbingan Belajar

Bisnis bimbingan belajar memberikan bantuan belajar kepada siswa dalam berbagai mata pelajaran.

Sebagai tutor, Anda bisa bekerja dengan siswa secara langsung (tatap muka) atau melalui obrolan video secara online.

Anda bisa membuat model bayar per pertemuan atau langsung bayar per bulan.

4. Bisnis Kerajinan Tangan

Tuangkan kreativitas Anda menjadi kerajinan tangan yang bisa dijual.

Produk Anda bisa menjadi souvenir pernikahan, pesta ulang tahun, atau hadiah untuk pacar.

Sebagai langkah awal, tawarkan hasil karya Anda kepada teman-teman dekat atau tetangga yang akan menggelar acara.

Bisa juga menjualnya secara online di Instagram atau situs pihak ketiga seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dll.

Untuk contoh produknya sendiri tergantung pada keahlian atau keterampilan Anda, seperti sablon kaos/tas, jasa lukis, kaligrafi, lilin aromaterapi, sabun DIY, atau pajangan dari bambu/kardus bekas.

Bisa juga membuat boneka dan gantungan kunci dari kain flanel.

5. Blogging Profesional

Secara teknis, sekitar 1.000 situs web dibuat setiap menit dan dihosting secara online.

Meskipun jumlah ini tampak besar, tapi kenyataannya tidak semua blog tersebut menawarkan nilai lebih yang disukai oleh pembaca.

Hanya sedikit blog online yang memiliki konten menarik yang bisa mengikat pembaca.

Hal ini membuka peluang bisnis potensial bagi Anda yang berbakat merangkai kata dan membuat konten kreatif yang terkini dan relevan.

Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci yang tepat yang bisa mengarahkan pembaca datang ke blog Anda.

6. Jasa Reparasi Komputer

Jika Anda memiliki wawasan / pengalaman / terbiasa dengan konsep pengeditan foto, pengolah kata, spreadsheet, perangkat lunak sekuritas, dan berbagai komponen komputer, membuka jasa reparasi komputer bisa menjadi ide tepat untuk dipertimbangkan.

Saat ini, lebih dari 84% rumah memiliki setidaknya satu PC/laptop, dan lebih dari 74% rumah terhubung ke internet, yang memungkinkan pengguna mendapatkan virus atau malware.

Asalkan Anda menawarkan layanan yang nyaman dan dapat dipercaya, ada peluang bagus bahwa Anda dapat menghasilkan banyak uang dengan menjalankan jasa reparasi komputer.

7. Pelatih Kebugaran

Pelatih kebugaran dan olahraga semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

Karena ada banyak orang mencari pelatih ahli tentang cara menghilangkan lemak, membentuk otot, dan menjadi lebih sehat dengan cara-cara yang benar.

Dari layanan private hingga sesi grup, Anda bisa menawarkan berbagai titik harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Namun, keberhasilan menjadi seorang pelatih kebugaran sangat bergantung pada tingkat keahlian dan kemampuannya yang Anda miliki.

Promosi dari mulut ke mulut adalah cara paling efektif dari bisnis ini.

Karena itu, Anda harus memberikan pelayanan yang bisa memuaskan pelanggan dan membuat Anda mendapatkan review positif.

8. Desain Grafis

Apakah Anda sangat ahli dalam perangkat lunak seperti Indesign, Illustrator, dan Photoshop? Jika jawabannya adalah iya, maka Anda adalah individu beruntung yang bisa dengan mudah menghasilkan uang dengan target pasar yang luas, termasuk pemilik bisnis perorangan, grup, badan amal, dan perusahaan.

Pentingnya desain grafis sendiri dapat ditemukan di seluruh dunia, mulai dari iklan cetak, pengeditan foto, membuat materi iklan dan pemasaran yang menampilkan logo dan berbagai informasi perusahaan, serta membuat pamflet dan merancang situs web perusahaan.

9. Warung Bakso

Bakso adalah salah satu makanan populer di Indonesia, yang jumlah peminatnya sangat banyak.

Jika lokasi rumah Anda ada di pinggir jalan, maka tidak perlu lagi membeli/menyewa kios.

Tapi, pastikan untuk membuat bakso yang lezat dan gunakan nama menu yang unik, seperti bakso mercon, bakso setan, bakso rambutan, bakso penyet, dll.

10. Menjadi YouTuber

Video dengan cepat menjadi bagian integral dari interaksi online dan penyebaran konten.

Mulai dari Facebook Live, YouTube, hingga Instagram dan Tiktok, video sangat mudah menyebar dan kemungkinan besar akan menghasilkan followers, asalkan Anda memberikan apa yang mereka inginkan.

Anda bisa membuat konten tentang memilih skincare, pengalaman mengatasi jerawat, membuat podcast tentang subjek populer, tutorial hijab, cara permak pakaian lama, atau parodikan berbagai tema yang sedang banyak dilihat.

11. Uangkan Hobi Anda

Jika Anda belum tertarik dengan beberapa ide sebelumnya, cobalah untuk melihat lebih dalam tentang hobi, minat, keterampilan, atau bakat Anda.

Misalnya, perawatan kucing dan anjing, membuat dan menghias aneka kue, berkebun, menata ruangan, merangkai bunga, make up dan hairstyle, atau mix and match pakaian.

Simak juga: Contoh Usaha Mikro: Berbagai Bidang Yang Sukses

Memulai bisnis / usaha yang sukses bergantung pada banyak faktor, mulai dari kecerdasan dan pengalaman bisnis hingga sumber daya yang tersedia.

Meskipun tidak ada satu industri yang menawarkan jaminan kesuksesan, beberapa contoh usaha perseorangan di atas memiliki margin laba bersih di atas rata-rata yang bisa menambah pemasukan Anda setiap bulan.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *