Cara-Memulai-Bisnis-Online
Tips Bisnis

7+ Cara Memulai Bisnis Online (Dari Nol Tanpa Modal)

Cara memulai bisnis online sama seperti menyiapkan hidangan. Jika Anda mengikuti resep yang benar, hasil masakan Anda bisa jadi enak.

Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, siapa pun bisa memulai bisnis online dengan mudah dari mana saja dan kapan saja, termasuk orang yang tidak memiliki pengalaman teknis.

Anda bisa mengatur jadwal Anda sendiri dan bekerja sesedikit atau sebanyak yang Anda inginkan, tergantung pada seberapa cepat atau besar bisnis Anda ingin berkembang.

Juga tidak ada pengalaman bisnis atau pemasaran khusus yang dibutuhkan, karena bisnis online adalah media kewirausahaan yang benar-benar demokratis.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal

Cara-Memulai-Bisnis-Online-dari-Nol-Tanpa-Modal

Salah satu hal terbaik dari bisnis online adalah tidak membutuhkan banyak modal.

Bahkan, Anda bisa memulainya tanpa modal sama sekali, karena ada banyak layanan gratis yang bisa dimanfaatkan.

Misalnya, Anda bisa membuat web atau blog gratis menggunakan WordPress, atau memanfaatkan website pihak ketiga untuk menjual barang tanpa biaya inventaris.

Untuk detail caranya adalah sebagai berikut:

1. Cari Ide Bisnis

Setiap bisnis dimulai dengan sebuah ide. Ide bisnis yang baik harus memberikan solusi untuk masalah yang signifikan dan melayani pasar tertentu.

Apa yang Anda minati? Atau bidang apa yang paling Anda kuasai? Ini adalah pertanyaan pertama yang perlu Anda jawab untuk menemukan ide bisnis yang tepat.

Apakah Anda berpengalaman dalam dunia tulis menulis? Konsultasi online? Pembuatan website? Jualan baju atau makanan? Atau mungkin pengembangan perangkat lunak? Disarankan untuk mengubah sesuatu yang Anda kuasai / sukai menjadi bisnis.

Misalnya, jika Anda seorang penulis yang produktif dan kebetulan seorang pecinta kucing, Anda bisa membuat blog atau website yang berisi semua hal tentang kucing atau menjual berbagai kebutuhan kucing di toko online.

Jika Anda memulai bisnis dengan sesuatu yang Anda sukai/kuasai, bisa dipastikan bahwa Anda sedang berjalan menuju kesuksesan.

2. Branding

Setelah menemukan ide, Anda perlu membuat merk/brand atau nama dari toko online Anda.

Anda bisa mencari inspirasi dari internet, diskusi dengan teman dan keluarga, atau minta saran dari orang yang tepat.

Apapun itu, pilih nama yang paling sesuai, harus unik dan khas, serta membuat orang yang membaca langsung tertarik dan bahkan penasaran.

3. Tentukan Target

Sekarang saatnya memikirkan tentang siapa yang akan menjadi target pasar Anda. Kesalahan besar yang dilakukan kebanyakan pengusaha adalah menargetkan pasar yang sangat luas.

Sebaliknya, pilihlah pasar khusus. Anda harus memahami dengan jelas sekelompok kecil orang yang akan Anda targetkan dan fokuslah ke sana.

Dan nantinya, bisnis Anda akan semakin besar dengan sendirinya dan Anda bisa memperluas target audiens.

Tapi untuk saat ini, fokuslah pada kelompok kecil terlebih dulu dan jangan buru-buru mengejar kesuksesan.

Anda harus ingat bahwa semuanya butuh waktu.

4. Riset Pasar

Terlihat sepele tapi riset pasar tidak boleh diremehkan. Banyak pebisnis baru yang bisa menikmati kesuksesan panjang karena melakukan riset pasar secara teratur.

Tujuannya adalah untuk mengenal target Anda, mengidentifikasi masalah konsumen, melihat pesaing, mengetahui bagaimana cara promosi yang benar, dan menemukan berbagai ide baru untuk mengembangkan bisnis Anda.

Riset pasar bisa dilakukan pada berbagai tahap siklus hidup bisnis Anda, mulai dari pra-peluncuran hingga seterusnya.

Ada empat metode yang bisa membantu Anda sukses melakukan riset pasar, yaitu:

✔ Riset Keyword

Anda bisa menggunakan Ubersuggest, Google Trends, Ahrefs, Semrush, atau keyword tool lainnya untuk menemukan kata kunci yang sedang trend saat ini.

Kata kunci tersebut tentunya harus berhubungan dengan ide bisnis Anda. Lihatlah apa yang sedang dicari oleh banyak orang saat ini, berapa besar volume pencariannya, dan bahkan dimana lokasi asal dari para pencari tersebut.

✔ Cek Media Sosial

Media sosial adalah tempat dari segala hal, mulai dari berkeluh kesah, membagikan momen sedih dan bahagia, review produk atau jasa, dan bahkan promosi berbagai tempat makan dan wisata.

Ketik kata kunci yang berhubungan dengan ide bisnis Anda dan lihatlah hasil pencariannya.

Perhatikan Pesaing

Cara mudah lainnya agar berhasil melakukan riset pasar adalah dengan melihat pebisnis lain yang menawarkan produk atau layanan yang serupa dengan Anda, yang kemungkinan besar akan menjadi pesaing Anda.

Dengan mempelajari apa yang pesaing Anda lakukan, Anda bisa belajar tentang model promosi apa yang banyak diminati, sistem penjualan apa yang lebih sukses, harga yang paling ideal, dsb.

✔Join Grup/Forum/Komunitas

Bergabung dengan komunitas/forum yang berhubungan dengan ide bisnis Anda bisa memberikan banyak informasi dan ilmu gratis.

Beberapa komunitas kadang juga menawarkan seminar tentang pemasaran dan topik terkait yang bisa membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih baik.

5. Siapkan Produk / Layanan

Jika Anda menjual produk misalnya, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan, yaitu buat sendiri produk tersebut, beli produk dari tempat lain dan jual kembali, atau gunakan sistem dropship.

6. Bentuk Tim

Jika Anda merasa tidak bisa melakukan semuanya sendiri, Anda bisa membentuk tim kecil yang bisa memberikan beberapa keterampilan dan pengalaman tambahan yang mungkin tidak Anda miliki.

Anda bisa mengajak teman dekat, tetangga, keluarga, saudara, atau mungkin pasangan.

7. Media Jualan

Pikirkan dimana Anda akan menjual/memasarkan produk/jasa Anda.

Apakah di website, e-commerce, media sosial, atau mungkin ketiganya? Setelah memutuskan, promosikan ke teman-teman dan saudara Anda agar nantinya bisa terjadi promosi dari mulut ke mulut.

Simak juga: Tips: Cara Menjadi Pengusaha Sukses Di Usia Muda

Banyak orang yang memiliki anggapan bahwa cara memulai bisnis online cukup sulit karena kekurangan modal.

Tapi berkat skala ekonomi, harga kebutuhan bisnis online seperti hosting web dan data internet telah menyusut secara signifikan. Jika Anda tertarik untuk mencoba bisnis online, tujuh langkah sederhana di atas bisa Anda coba.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *