Usaha-Sampingan-Ibu-Rumah-Tangga
Peluang Usaha

9+ Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga (Modal Kecil)

Apakah Anda seorang ibu rumah tangga yang sedang mencari beberapa ide usaha sampingan? Maka artikel berikut akan memberi jawaban yang Anda butuhkan.

Usaha sampingan ibu rumah tangga adalah pilihan yang baik untuk memanfaatkan waktu luang tanpa harus keluar rumah.

Agar bisa berkembang dan sukses, yang Anda butuhkan adalah kegigihan, manajemen waktu, dan kesiapan untuk bekerja keras.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Usaha-Sampingan-Ibu-Rumah-Tangga-dengan-Modal-Kecil

Beberapa peluang usaha sampingan berikut bisa menambah pemasukan Anda sambil tetap menjadi ibu rumah tangga yang baik:

1. Vlogger atau Blogger

Jika Anda memiliki laptop / PC, ada fasilitas WiFi di rumah, dan kebetulan Anda pandai merangkai kata, menjadi blogger profesional bisa menjadi pilihan yang ideal.

Anda bisa mulai menulis topik atau bidang yang Anda sukai atau kuasai,

Atau, jika Anda adalah tipe orang yang tidak canggung bergaya di depan kamera dan terbiasa berbicara di depan orang banyak, cobalah untuk menjadi vlogger.

Anda bisa menggunakan kamera khusus / kamera handphone, tambahkan ring light, dan edit video Anda dengan aplikasi pengeditan video gratis yang tersedia di Google Play atau Apps Store.

Kedua opsi ini bisa Anda lakukan di rumah sambil mengurus anak atau melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Jam kerjanya juga sangat fleksibel tergantung pada waktu luang Anda.

Simak juga: [Peluang] Ide Usaha Sampingan Di Desa Anti Gagal

2. Penulis Online

Tidak banyak orang yang pandai menulis, tapi banyak perusahaan/website/blog yang butuh diisi.

Modal yang Anda butuhkan adalah laptop / PC dan koneksi internet.

Sebagai permulaan, Anda bisa mendaftar ke platform freelance, seperti Sribulancer atau Upwork, sambil memasarkan layanan Anda ke media sosial.

Pekerjaan ini cukup mudah karena bisa dilakukan dari mana saja, baik di rumah, cafe, restoran, taman, atau yang lainnya. Jam kerjanya juga bisa Anda sesuaikan dengan kesibukan Anda lainnya.

3. Laundry Kiloan

Bagi seorang ibu rumah tangga, mencuci pakaian tentu bukanlah hal baru dan asing.

Pastinya Anda sudah tahu kalau pakaian putih dan berwarna harus dipisah, suhu berapa yang tepat untuk menyetrika kain katun, atau jenis kain tertentu tidak boleh dicuci dengan mesin.

Anda sudah memiliki modal wawasan yang cukup, mesin cuci juga kemungkinan besar sudah ada. Anda hanya perlu menempelkan tulisan “Jasa Laundry” di depan rumah dan posting usaha Anda ke media sosial.

Modal lain biasanya berupa hanger dan tali jemuran.

4. Lilin DIY

Meskipun setiap rumah telah memiliki listrik, lilin tetap digunakan untuk berbagai keperluan, seperti saat mati lampu, sebagai pelengkap dekorasi, atau untuk aromaterapi.

Jika Anda tahu cara membuat lilin DIY, Anda bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis.

Bahkan jika Anda tidak tahu cara membuatnya ada banyak sekali tutorial di internet. Anda bisa menjual produk Anda sendiri di toko online atau promosikan ke teman-teman.

Ide bisnis ini adalah yang banyak diterapkan oleh ibu rumah tangga dan dianggap sebagai salah satu ide bisnis minim modal paling populer.

5. Toko Kelontong

Lakukan pekerjaan rumah sambil menjalankan toko kelontong di depan rumah Anda.

Anda bisa menjual sabun mandi, deterjen, aneka bumbu dapur, beras, gula, dan sebagainya.

Mulailah dari toko kecil dan sedikit dagangan, agar modal yang dibutuhkan tidak banyak.

6. Gift Basket / Keranjang Hadiah / Hampers

Jika Anda memiliki minat untuk membuat karya seni yang menarik, kreatif, dan berjiwa wirausaha, ide bisnis rumahan ini sangat cocok untuk dicoba.

Anda bisa mulai dengan membuat 2-3 hampers, kemudian posting di Facebook dan Instagram atau tawarkan kepada tetangga dan teman-teman.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjual produk semacam ini di e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll.

Bisa juga dengan membuat toko online dan website Anda sendiri. Barang-barang semacam ini bisa dengan mudah Anda buat di rumah sambil melakukan berbagai aktivitas.

7. Menjual Makanan Rumahan

Kebanyakan orang lebih suka makan camilan buatan sendiri daripada makanan cepat saji.

Dan jika Anda memiliki keterampilan memasak yang luar biasa, ide bisnis ini adalah pilihan terbaik untuk dicoba.

Anda bisa membuat beberapa jenis masakan, seperti kue-kue, camilan ringan, manisan, atau yang lainnya.

Kemudian titipkan ke warung-warung makan di sekitar rumah Anda atau jual secara online.

Jika Anda juga suka membuat kue tart atau makanan yang dipanggang, cobalah untuk bekerjasama dengan toko roti di sekitar.

Kapan pun adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis rumahan ini.

8. Menjual Bunga

Ide bisnis ini sangat cocok untuk wanita yang ingin bekerja dari rumah.

Anda hanya membutuhkan ruang kosong dan kesabaran untuk menumbuhkan bunga sendiri, kemudian merangkainya menjadi buket bunga yang cantik atau jual dalam pot.

Anda bisa mulai dengan mencari informasi tentang jenis bunga apa yang tumbuh cepat dan paling banyak dicari. Jika tidak ingin repot menumbuhkannya sendiri, Anda juga bisa mencari beberapa supplier.

Terutama di kota-kota besar, bunga adalah bagian dari setiap momen dan bukan produk musiman.

9. Bisnis Hijab

Saat ini, hijab merupakan salah satu trend fashion bagi wanita Muslim. Ada berbagai model dan warna hijab, peminatnya juga tak terbatas, mulai dari anak-anak, remaja, wanita dewasa, dan dari berbagai kalangan.

Usaha ini bisa Anda jalankan dari rumah dengan membuka toko kecil khusus hijab atau menjualnya secara online.

Selain hijab itu sendiri, Anda bisa melengkapi dagangan dengan inner hijab, bros, manset, jarum pentul, dan semua hal yang berhubungan dengan hijab.

Simak juga: Cara Memulai Bisnis Rumahan

Jika Anda bertanya, usaha sampingan ibu rumah tangga apa yang paling cocok? Jawabannya adalah tergantung pada keterampilan / bakat Anda sendiri.

Tapi semua ide dalam daftar di atas sangat cocok untuk pemula, karena modalnya tidak banyak dan resikonya lebih rendah. Dan tentu saja, waktunya cukup fleksibel dan bisa dikerjakan dari rumah.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *