Usaha Jasa

Peluang-Usaha-Jasa

Usaha di bidang jasa menjadi bisnis yang memiliki banyak peminat karena berbagai alasan. Banyak pengusaha yang telah menjajal usaha ini dan berhasil menjalaninya dengan baik.

Berbagai contoh usaha jasa memang telah terbukti memberi keuntungan berlipat ganda bagi pelakunya.

Peluang Usaha Jasa

Usaha jasa menawarkan peluang keuntungan yang lebih bagi para pelakunya karena beberapa hal di bawah ini.

1. Dapat Dimulai dengan Modal Kecil

Bisnis dalam bidang jasa biasanya dapat dimulai dengan modal kecil. Hal ini karena apa yang Anda jual dalam bisnis tersebut adalah keahlian, ilmu, ataupun tenaga. Sehingga, Anda tidak perlu modal untuk membeli bahan baku produksi atau barang dagang.

Selain itu, bisnis ini dapat dilakukan di rumah anda sendiri, sehingga Anda tidak perlu menyewa tempat. Dengan demikian, modal yang Anda miliki dapat dialokasikan untuk hal lain, misalnya peralatan atau perlengkapan usaha yang dibutuhkan.

2. Pengelolaannya Lebih Mudah

Usaha jasa lebih mudah dikelola daripada usaha lain, misalnya usaha dagang dan usaha kerajinan. Ketika Anda melakoni usaha jasa, Anda tidak perlu mengelola distribusi produk dan memikirkan stok produk. 

3. Risiko Lebih Rendah

Karena modal yang dibutuhkan lebih rendah dari modal usaha lainnya, maka risiko bisnis jasa juga lebih rendah. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan pengendapan modal saat melakoni usaha ini.

Contoh Usaha Jasa

Untuk Anda yang ingin mencoba peruntungan dalam bisnis jasa, Anda harus jeli dalam memilih jenis usaha agar dapat memperoleh keuntungan maksimal.

Beberapa contoh usaha jasa di bawah ini dapat menjadi pertimbangan anda.

1. Jasa Laundry

Jasa laundry dapat menjadi pilihan usaha terbaik untuk Anda karena beberapa alasan. Salah satunya adalah usaha ini mudah dilakukan karena tidak memerlukan skill khusus. Usaha laundry juga memiliki peluang menguntungkan karena sebagian besar masyarakat membutuhkannya.

Akan tetapi, Anda memerlukan modal yang cukup besar untuk membeli mesin cuci dan mesin pengering. Anda mungkin juga perlu menambah daya listrik di tempat usaha anda agar bisnis berjalan lancar.

Jika modal anda terbatas, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat membeli mesin cuci dan pengering secara kredit. Agar usaha laundry tersebut mampu memenuhi tuntutan pelanggan, Anda sebaiknya mempekerjakan setidaknya satu karyawan part time atau full time.

2. Dropshipper

Usaha jasa tanpa modal yang dapat Anda coba adalah dropshipper. Ketika menjadi dropshipper, Anda hanya perlu menawarkan produk lewat media sosial. Dalam hal ini, seorang dropshipper tidak perlu memiliki stok, melakukan pengemasan, ataupun pengiriman produk.

Pihak toko lah yang akan bertugas memastikan ketersediaan produk, melakukan pengemasan, serta pengiriman produk. Jika Anda berhasil menjual produk mereka, maka pihak toko akan memberi Anda komisi.

3. Jasa Servis Motor

Bagi Anda yang pernah belajar untuk menjadi mekanik motor atau mengetahui banyak hal tentang motor, Anda dapat membuka jasa servis motor. Usaha jasa tersebut tergolong sebagai bisnis yang menjanjikan karena sebagian besar masyarakat memiliki kendaraan ini.

Ketika menjalani usaha jasa servis motor, Anda perlu menyediakan beberapa spare part mendasar, misalnya baut, busi, ban, dan oli. Selain itu, Anda juga perlu memiliki peralatan bengkel yang lengkap. Sehingga, Anda perlu modal yang cukup untuk memulai bisnis ini.

4. Jasa Les Privat

Contoh bisnis jasa lainnya yang membutuhkan modal minim namun menguntungkan adalah jasa les privat. Bisnis ini memiliki peluang yang menjanjikan karena banyak orang tua yang tidak punya banyak waktu untuk mendampingi anak mengerjakan PR dan belajar. 

Di samping itu, beberapa anak juga membutuhkan sesi belajar tambahan dari guru les untuk memahami materi pelajaran sekolah. Dengan demikian, Anda pasti dapat memperoleh keuntungan jika melakoni usaha les privat. 

Untuk bisa memulai bisnis usaha ini, Anda setidaknya harus menguasa materi pelajaran dan merupakan lulusan universitas, meski bukan jurusan pendidikan. Agar usaha tersebut semakin menguntungkan, Anda juga perlu mempekerjakan beberapa mahasiswa.

5. Jasa Pembuatan Website

Usaha jas yang satu ini juga memiliki prospek yang menjanjikan. Website dibutuhkan oleh hampir semua bisnis dan bahkan perorangan untuk berbagai keperluan, misalnya meningkatkan brand awareness dan memperoleh keuntungan.

Pada awal melakoni bisnis ini, Anda mungkin hanya memiliki sedikit klien. Untuk meningkatkan jumlah klien, Anda dapat bergabung dengan situs freelance sehingga Anda dapat terhubung dengan lebih banyak orang yang membutuhkan jasa pembuatan website.

6. Jasa Reparasi Laptop atau Smartphone

Jika Anda memiliki keahlian dalam mengutak-atik laptop atau smartphone, Anda dapat membuka jasa reparasi salah satu gadget tersebut. Kedua gadget ini umum dimiliki oleh masyarakat dan tak jarang mengalami kerusakan atau eror. 

Sehingga, jasa reparasi laptop atau smartphone berpeluang untuk sukses. Dengan membuka jasa ini, Anda dapat memperoleh banyak keuntungan. Namun, untuk tetap bisa bertahan dalam usaha reparasi gadget, Anda harus tetap up to date dengan teknologi kedua gadget itu.

7. Jasa Kursus Online

Dalam dunia yang serba digital ini, kursus dapat dilakukan secara online, misalnya kursus bahasa Inggris dan kursus fotografi. Kursus online cukup diminati karena praktis dan dapat dilakukan di mana saja.

Apabila Anda memiliki keahlian khusus yang bisa diajarkan via kursus online dan mempunyai laptop atau smartphone, Anda dapat membuka jasa kursus online dan memperoleh kesempatan untuk meraih keuntungan dari jasa ini.

8. Jasa Penitipan Anak

Bisnis jasa lain yang dapat memberikan keuntungan besar adalah jasa penitipan anak. Di era modern ini, banyak ibu bekerja yang lebih memilih untuk menitipkan anaknya pada jasa penitipan anak daripada menggaji pengasuh.

Dengan demikian, bisnis ini memiliki peluang besar untuk berkembang menjadi usaha yang sukses. Usaha jasa tersebut dapat dilakukan di rumah anda sendiri. Anda hanya perlu menambah fitur keamanan, membeli mainan, dan membuat rumah menjadi rumah ramah anak.

9. Jasa Rias Pengantin

Salah satu contoh bisnis jasa yang menawarkan keuntungan yang menjanjikan adalah jasa rias pengantin. Setiap bulan, apalagi pada bulan-bulan yang dianggap baik, ada banyak pasangan yang melangsungkan pernikahan.

Untuk membuka usaha ini, Anda tentu harus memiliki keahlian merias pengantin. Selain itu, Anda juga harus memiliki modal untuk membeli peralatan rias, make up, dan pakaian pengantin. Agar bisnis ini semakin dikenal, Anda dapat bekerja sama dengan wedding organizer.

10. Affiliate Marketing

Bagi Anda yang minim modal, Anda dapat menjadi affiliate marketing. Seorang affiliate marketing bertugas membantu penjual mempromosikan produk mereka lewat blog dan website. Nantinya, pembeli akan menggunakan kode referal dari affiliate marketing untuk membeli produk.

Dengan demikian, marketing akan memperoleh komisi. Jika Anda tertarik dengan bisnis jasa ini, Anda dapat bergabung dengan program affiliate marketing.

Simak juga:: 9 Contoh Peluang Usaha Ternak Yang Bisa Anda Coba Sekarang

Manakah contoh usaha jasa di atas yang cocok untuk Anda? Manapun bisnis jasa yang ingin Anda jalankan, pastikan bahwa Anda serius menjalaninya dan memilih strategi pemasaran yang tepat agar usaha tersebut berkembang dengan baik dan memberi keuntungan besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Ide-Usaha-Rumahan
Baca selengkapnya

Ide Usaha Rumahan

Perubahan zaman dan kemajuan teknologi saat ini membuat ide usaha rumahan semakin bertambah banyak. Peluang untuk bekerja atau…