Tips Membuka Usaha Warung Sembako

Tips Membuka Usaha Warung Sembako

Bisabisnis – Bingung mencari jenis bisnis yang mendatangkan keuntungan dalam waktu cepat? Anda bisa membuka sebuah warung sembako. Sembilan bahan pokok merupakan kebutuhan rumah tangga wajib.

Tips membuka usaha warung sembako juga tidak sulit untuk dijalankan bagi pebisnis pemula. Bisnis ini juga sangat fleksibel. Anda bisa membuka warung di depan rumah atau bisa mencari tempat yang lebih strategis. Karena bahan yang dijual merupakan bahan pokok, jangan heran jika Anda akan sibuk meladeni pembeli karena mereka akan selalu membutuhkannya setiap hari.

Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Selain modal yang cukup besar untuk memulai, ada beberapa tips yang patut diterapkan. Berikut ini adalah tips sukses untuk Anda yang baru ingin memulai bisnis dengan cara membuka warung sembako.

1. Mencari Supplier Terpercaya

Barang yang ada jual di warung pasti didapatkan dari pemasok yang hanya bisa menjual dalam partai besar. Sebelum berjualan, carilah supplier yang melayani pembelian untuk warung. Mereka menjual dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan harga pasaran karena didapat dari pabrik.

Supplier yang terpercaya tak hanya menjual barang stok dengan harga murah. Teliti dahulu bagaimana mereka melayani pelanggan lain. Anda harus memastikan bahwa stok di sana selalu aman. Sehingga saat Anda akan membeli, stokis tidak kosong yang bisa menghambat warung.

2. Sediakan Tempat Strategis

Mendirikan sebuah warung tak harus selalu di depan rumah. Apalagi jika letak tempat tinggal Anda yang sempit, masuk ke gang sempit, hal itu malah akan menyulitkan Anda untuk mengisi stok. Pilihlah lokasi yang strategis sehingga warung sembako akan selalu ramai.

Lokasi yang paling bagus untuk warung terletak di pinggir jalan. Anda bisa meraih pelanggan yang tak hanya berasal dari sekitar warung, namun juga orang yang lalu lalang di jalan. Perhatikan pula tingkat keramaian perumahan yang bisa membuat warung sembako semakin laku.

3. Jual Harga Kompetitif

Sembako merupakan bahan makanan yang selalu dibutuhkan oleh rumah tangga maupun usaha kuliner. Penjual sembako juga makin banyak sehingga saingan Anda semakin ketat. Untuk meraih pelanggan, pasanglah harga yang kompetitif dengan toko lainnya.

Perbedaan tipis dengan harga yang lebih murah bisa menarik pelanggan. Sebaliknya, toko Anda akan sepi meski hanya selisih sedikit saja. Sebagai tips membuka usaha warung sembako di awal, sebaiknya pasanglah harga promosi untuk meningkatkan kuantitas pembeli.

4. Lengkapi Peralatan Usaha

Kebutuhan membangun sebuah warung tak hanya sekedar membuat bangunan saja. Banyak alat-alat warung yang akan sangat dibutuhkan. Beberapa di antaranya adalah etalase untuk memajang sembako, rak besi berukuran besar, timbangan, hingga meja.

Pembelian peralatan ini bisa dicicil dari waktu ke waktu, seperti rak atau etalase. Namun alat seperti meja dan timbangan sudah harus masuk ke dalam modal awal Anda. Belum lagi plastik, karung, kardus, ATK seperti kalkulator yang akan sangat berguna untuk melayani pembeli.

5. Komunikatif dengan Pelanggan

Bangunlah komunikasi dengan pelanggan yang datang ke warung. Membuka obrolan dengan mereka biasanya akan membuat ikatan emosi menjadi baik. Mereka yang dekat dengan Anda akan enggan berbelanja ke warung sembako lainnya.

Pelanggan juga bisa dimintai testimoni tentang usaha Anda, baik dari segi kualitas dan harga. Tanyakan kepada mereka barang apa yang sekiranya perlu dijual dan apa yang mereka inginkan. Dengan begitu, warung sembako Anda tak hanya baik dari segi kuantitas namun juga kualitas.

6. Lakukan Pembukuan

Apapun usahanya, tanpa pembukuan yang baik dan tertata pasti akan mengalami kebangkrutan. Meski warung masih berskala kecil sekalipun, catatlah pembukuan dengan baik. Hal ini akan membantu untuk memprediksi barang mana yang laku dan mana yang tidak.

Pembukuan juga membuat Anda terhindar dari kerugian. Tak semua pembeli melakukan pembayaran kontan. Sebagian dari mereka akan meminta untuk bon. Jika tidak dicatat dengan baik, Anda akan mengalami miskomunikasi dengan mereka dan membuat usaha menjadi bangkrut.

7. Rajin Lakukan Promosi

Langkah promosi tidak berarti Anda akan merugi, kok. Anda bisa menjual sembako dengan harga yang sangat miring tanpa harus dengan nilai di bawah modal. Promosi ini akan menarik pelanggan baru terutama mereka yang jauh dari sekitar warung.

Strategi ini dapat diterapkan sebulan sekali atau menjelang hari-hari tertentu seperti bulan puasa. Pasanglah harga yang miring dengan barang berbeda setiap kali promosi. Biasanya pembeli yang datang tak hanya mengejar barang promosi namun juga sekalian membeli barang yang lain.

8. Prioritaskan Pelanggan yang Loyal

Pelanggan yang loyal adalah mereka yang memilih warung Anda ketimbang tempat lainnya. Mereka jarang mengajukan utang dan tak banyak menawar. Mereka juga melakukan pembelian dalam jumlah banyak untuk kebutuhan sehari-harinya. Maka, prioritaskan kebutuhan mereka.

Misalnya saat telur sedang langka, Anda bisa melakukan sistem “keep” untuk mereka dan tidak menawarkan kepada pelanggan lain. Anda juga bisa memberikan reward atau hadiah kepada mereka di hari raya atau akhir tahun, seperti paket sembako, baju, atau alat rumah tangga.

9. Manfaatkan Jasa Layanan Antar

Tipe layanan antar tak hanya dilakukan oleh marketplace saja. Anda bisa melakukan hal ini untuk menjangkau pelanggan yang rumahnya jauh dari warung. Dengan sistem sekalian antar, Anda bisa menjangkau banyak orang tanpa harus mengorbankan uang bensin kendaraan.

Yang pasti, layanan ini hanya akan berjalan dengan baik apabila Anda memiliki kendaraan. Minimal, Anda memiliki satu motor khusus untuk warung. Anda juga membutuhkan tenaga orang lain untuk bisa melakukan hal ini atau setidaknya menjaga warung.

10. Berikan Pelayanan yang Menyenangkan

Memiliki ikatan emosional dengan pelanggan adalah sebuah keharusan. Mereka tak akan segan-segan loyal dan royal terhadap warung sembako Anda. Selain komunikasi yang baik, Anda juga harus selalu memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan menyenangkan.

Bagi mereka yang loyal terhadap warung, berikanlah prioritas dengan menawarkan barang-barang baru terlebih dahulu kepada mereka. Berikan update terbaru tentang stok dengan embel-embel diskon. Mereka tak akan pergi ke warung manapun selain ke warung Anda nantinya.

Simak juga:: 10 Cara Membuka Usaha Kuliner Di Luar Negeri Dengan Mudah

Jika tips membuka usaha warung sembako di atas bisa diterapkan dengan baik, tentunya tak akan ada kendala bagi bisnis ini. Jangan hanya mengutamakan banyaknya pembeli. Lakukan pembukuan dan pelayanan yang ramah, sehingga bisnis ini bisa berumur panjang dan menjadi ladang pencaharian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like