Pengertian Modal Usaha

17-Pengertian-Modal-Usaha

Modal merupakan salah satu komposisi utama dalam merintis usaha dan bagian inti untuk mengembangkannya.

Beberapa orang berpendapat bahwa modal usaha adalah uang. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa modal bisa berupa benda. Lantas, manakah pengertian modal usaha yang benar?

Pengertian Modal Usaha Adalah

Definisi modal usaha secara umum adalah semua hal (uang atau bentuk lain) yang bisa digunakan untuk menjalankan suatu bisnis/usaha. Berdasarkan sumber asalnya, modal usaha dibagi menjadi dua, yaitu modal internal (berasal dari pemilik bisnis itu sendiri) dan eksternal (modal hasil pinjaman/hutang).

Beberapa contoh modal usaha adalah uang tunai, tabungan di dalam rekening bank, mesin produksi, dan perabot atau alat-alat kantor lain yang bisa digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa dan akhirnya bisa dijual ke pelanggan.

Modal usaha bisa berasal dari para investor, keluarga, teman dekat, atau meminjam dari bank dan koperasi atau lembaga keuangan lainnya. Bersamaan dengan istilah modal, ada istilah untung dan rugi. 

Saat Anda berinvestasi, modal akan menghasilkan kekayaan untuk bisnis Anda, dan ketika investasi Anda membantu mengembangkan bisnis Anda, modal itu sendiri bertambah nilainya. Perubahan inilah yang disebut untung dan rugi.

Simak juga:: 10+ Cara Mengelola Keuangan Keluarga Agar Tetap Stabil

Pengertian Modal Usaha Menurut Para Ahli

Sejumlah ahli mendefinisikan istilah modal usaha dengan beberapa versi yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah:

1. Bambang Riyanto (1998:10) 

Modal adalah sumber daya keuangan milik orang atau badan usaha yang digunakan untuk merintis dan mengembangkan usaha baru, baik dalam hal produksi barang atau jasa.

2. Jr. Hicks

Jr. Hicks mengatakan bahwa modal adalah uang tunai atau aset likuid yang dimiliki atau diperoleh oleh individu atau perusahaan untuk mendanai pengeluaran perusahaan tersebut.

3. Prof. Bakker

Pengertian modal menurut Prof. Bakker adalah semua hal, baik barang konkret atau pun uang, yang hendak digunakan untuk membuka sebuah bisnis. Prof. Bakker membagi modal usaha menjadi dua macam, yaitu modal aktif/konkret dan modal pasif/abstrak.

4. Drs. Moekijat (2000:63) 

Modal awal adalah uang yang digunakan oleh wirausahawan untuk membeli satu atau lebih barang dan/atau jasa guna melakukan proses produksi dalam bisnis baru yang ia miliki. 

Barang yang dimaksud di sini tidak hanya berbagai inventaris tapi juga termasuk ruang kantor atau gedung, gudang penyimpnan, surat izin usaha, serta jasa staf / karyawan yang melakukan pengujian dan penelitian pasar, karyawan di dalam kantor, karyawan pembuat produk, dsb.

5. Kimberly Amadeo

Modal adalah uang tabungan, uang pinjaman, dan bentuk pendanaan lain yang bisa digunakan untuk membangun bisnis dan menghasilkan keuntungan setelah produk dari bisnis itu terjual.

6. Prof. Polak

Modal adalah uang atau barang yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang atau jasa dalam suatu bisnis yang akan segera dijalankan, baik bisnis skala kecil maupun besar. 

Modal barang yang dimaksud Prof. Polak adalah semua barang yang ada di dalam perusahaan, mulai dari alat tulis, meja kursi, hingga mesin-mesin produksi dan kendaraan pengangkut. Prof. Polak membagi modal dalam dua bentuk utama, yaitu hutang dan ekuitas.

7. Andrew Mayo

Menurut Andrew Mayo, modal usaha adalah uang dan sejumlah aset lain yang dimiliki oleh pemilik bisnis untuk selanjutnya digunakan dalam produksi barang dan jasa, serta untuk memasarkannya.

8. Eugene F. Brigham

Modal usaha adalah uang (tunai atau non tunai) yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang dan jasa dalam suatu bisnis/usaha baru. 

9. S. Munawir

Modal usaha adalah sebuah istilah untuk menyebut aset keuangan yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang yang ingin membangun bisnis. Aset keuangan tersebut bisa berupa uang tunai, cek, uang yang disimpan di rekening bank, atau uang yang diperoleh dari pinjaman / investor.

10. Nico Jacob

Berdasarkan perspektif Nico Jacob, modal usaha adalah semua hal yang dibutuhkan untuk mendanai pengeluaran sehari-hari bisnis/usaha termasuk gaji karyawan, bahan dan mesin produksi, pemasaran hasil produksi, listrik perusahaan, dll.

11. Arnold B. Bakker

Pengertian modal menurut Arnold B. Bakker adalah aset keuangan yang diperoleh pemilik bisnis dari pembiayaan ekuitas atau hutang dan selanjutnya akan digunakan untuk memulai suatu bisnis.

Aset keuangan tersebut dapat mencakup kas, setara kas, dan sekuritas yang dapat diperjualbelikan serta peralatan manufaktur, fasilitas produksi, dan fasilitas penyimpanan.

12. Bohm Bawerk

Modal adalah semua hal yang bisa digunakan oleh wirausahawan untuk melakukan produksi barang atau menyiapkan jasa layanan yang berkelanjutan dengan tujuan menciptakan nilai/keuntungan bagi perusahaan. Modal ini bisa berupa uang, bangunan, dan tenaga kerja.

13. Von Sickle & Roger

Modal adalah biaya awal yang harus dimiliki oleh bisnis baru untuk mulai beroperasi dan menciptakan pengembalian yang menguntungkan.

14. Carlson S

Modal usaha adalah uang yang dibutuhkan pemilik bisnis untuk memulai perusahaan baru. Pendanaan ini membantu bisnis memenuhi biaya awalnya, seperti untuk menyewa/membeli ruang kantor, membeli peralatan dan perlengkapan, membayar karyawan, dll.

15. Lawrence J. Gitman (1997:482)

Pengertian modal usaha menurut Lawrence J. Gitman mengacu pada uang yang dikumpulkan oleh perusahaan baru untuk memenuhi biaya awal perusahaan, seperti membeli inventaris, lisensi usaha, ruang kantor, dan pengembangan produk.

16. Susan Ward

Menurut Susan Ward, istilah modal mengacu pada uang yang digunakan oleh pemilik bisnis untuk membeli aset tetap (seperti tanah, mesin, atau bangunan), dan untuk menutupi biaya operasional bisnis sehari-hari.

17. Siswanto W. 

Modal dapat mencakup uang tunai atau aset lain yang dimasukkan ke dalam bisnis oleh pemiliknya dengan tujuan mendapatkan laba yang bisa membuatnya balik modal dan masih ada sisa.

Simak juga:: 7+ Manfaat Perencanaan Keuangan Yang Dapat Anda Pelajari

Pengertian Modal dalam Akuntansi

Dalam dunia akuntansi, istilah ‘modal’ mengacu pada sumber daya keuangan atau aset lain apapun yang dimiliki oleh pemilik bisnis, yang berguna dalam memajukan pembangunan dan menghasilkan pendapatan.

Namun modal tidak sama dengan aset. Modal digunakan untuk menciptakan kekayaan, sedangkan aset adalah barang yang bisa menambah nilai bisnis Anda.

Menurut para akuntan, modal merupakan sumber pembiayaan penting di semua jenis bisnis karena perusahaan membutuhkan sumber daya ini untuk beroperasi. Pemilik bisnis biasanya mendapatkan modal awal dari tabungan pribadi, dari investor, atau meminjam ke bank, keluarga, dan teman. 

Modal yang dimaksud ini dapat mencakup dana yang disimpan di rekening deposito, mesin dan peralatan produksi, atau gudang penyimpanan. 

Sedangkan bahan baku yang digunakan dalam manufaktur tidak dianggap sebagai modal. Beberapa contohnya adalah software atau aplikasi perusahaan, akun bank, stok produk, kendaraan, merk perusahaan, dan sejenisnya.

Sedangkan untuk meningkatkan modal pada bisnis yang sudah berjalan dan ingin berkembang, pemilik bisnis biasanya menerbitkan saham dan obligasi kepada investor yang tertarik untuk membeli instrumen keuangan ini dengan uang tunai atau aset lainnya.

Akuntansi membagi modal usaha menjadi dua bentuk utama, yaitu modal tetap dan modal kerja. Sedangkan rumus penghitungan modal adalah “Total Aset – Total Liabilitas Luar”.

Simak juga:: Pengertian Badan Usaha (Jenis, Ciri, Contoh Dan Fungsi)

Berdasarkan sejumlah pengertian modal usaha dalam daftar di atas, dapat disimpulkan bahwa modal usaha adalah hal apapun yang bisa digunakan oleh pemilik bisnis untuk menciptakan kekayaan melalui investasi, seperti uang, mesin-mesin produksi, dan bangunan/gudang/kantor untuk bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
11-Badan-Usaha-Milik-Swasta-Paling-Terkenal-di-Indonesia
Baca selengkapnya

Badan Usaha Milik Swasta

Ada banyak jenis badan usaha, salah satunya adalah badan usaha milik swasta atau biasa disingkat BUMS. Sesuai namanya,…
Contoh-Surat-Izin-Usaha
Baca selengkapnya

Contoh Surat Izin Usaha

Memiliki usaha sendiri merupakan impian banyak orang. Jika Anda berencana untuk mendirikan usaha, entah usaha kecil atau besar,…
Contoh-Perencanaan-Usaha
Baca selengkapnya

Contoh Perencanaan Usaha

Memulai usaha atau bisnis merupakan hal yang tidak mudah. Agar rintisan bisnis berjalan dengan lebih terarah, Anda sebaiknya…
Badan-Usaha-Milik-Desa
Baca selengkapnya

Badan Usaha Milik Desa

Umumnya, kebanyakan orang hanya mengenal Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Padahal tingkat…
Pengertian-Badan-Usaha
Baca selengkapnya

Pengertian Badan Usaha

“Badan usaha” adalah salah satu istilah paling dasar dalam dunia bisnis, yang juga banyak dibicarakan oleh orang non-bisnis.…