Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil yang Layak Anda Jajal

Peluang Usaha Rumahan

Untuk Anda yang jenuh dengan kegiatan yang itu-itu saja, kami sarankan untuk mencoba berbisnis dari rumah. Sekalipun dikerjakan dari rumah, bisnis ini punya potensi yang sangat besar. Kira-kira, bisnis seperti apa yang bisa dicoba? Berikut kami sajikan daftar peluang usaha rumahan dengan modal kecil. Barangkali, salah satunya bisa Anda coba.

Bagi sebagian orang, bisnis menjadi sesuatu yang menakutkan. Bayang-bayang gagal dan rugi selalu menjadi alasan mengapa banyak orang enggan berbisnis. Resiko rugi memang sesuatu yang nyata. Ibarat sungai, tentulah ada pasang dan surut.

Tidak mungkin selamanya kita akan mendapatkan untung, begitu pula dengan kerugian. Pada dasarnya, berbisnis itu membutuhkan keberanian diri yang baik. Didukung dengan persiapan, perencanaan matang dan juga modal yang cukup.

Untuk menghindari potensi kerugian, Anda bisa menjajal usaha rumahan modal kecil saja terlebih dahulu. Dari yang sudah-sudah, banyak pebisnis sukses yang memulai usahanya dari bisnis rumahan.

Supaya bisa memenangkan persaingan pasar, Anda dituntut menjadi pribadi kreatif yang bisa menjalankan bisnis dengan citra yang unik dan berbeda dari para pesaing. Kemampuan untuk menganalisa pasar dan menemukan ide peluang usaha rumahan adalah sesuatu yang harus Anda kuasai.

Untuk membantu menyelesaikan PR tersebut, berikut kami sajikan rangkuman peluang usaha rumahan modal kecil, barangkali salah satunya bisa Anda kembangkan menjadi sumber penghasilan sampingan. Simak dan catat daftarnya, ya!

Ragam Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba

Memulai usaha mandiri adalah suatu langkah yang bijak. Sayangnya, tidak semua orang mengerti dan sadar akan hal ini. Daripada terus-menerus bekerja untuk perusahaan orang lain, bukankah lebih baik kita menjalankan usaha sendiri jika memang mampu?

Sebelum kita jauh membahas terkait peluang usaha rumahan, kami akan bagikan hal atau poin-poin apa saja yang harus Anda pelajari sebelum benar-benar terjun dalam dunia bisnis. Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

Hal Penting yang Wajib Anda Pelajari Sebelum Berbisnis

Meskipun konteksnya usaha modal 1 juta, tetap saja Anda harus mempelajari ilmu-ilmu dasar tentang bisnis. Pemahaman akan ilmu-ilmu ini akan membantu Anda dalam banyak hal, dan juga memperanguhi faktor kesuksesan bisnis Anda nantinya.

Apabila hendak dianalogikan, bisnis ibaratkan berlayar. Medan yang kita arungi penuh dengan resiko, mulai dari kerugian, produk tidak laku atau kalah saing dengan pebisnis lainnya. Sama halnya dengan berlayar.

Laut adalah tempat dimana segala bentuk badai bisa terjadi. Supaya selamat dari badai tersebut, sebuah kapal layar membutuhkan nahkoda dan awak kapal yang terlatih. Begitu pula dengan bisnis.

Dalam hal ini, yang menjadi nahkoda sekaligus awak kapal tentunya diri Anda sendiri. Mempelajari ilmu-ilmu dasar tentang bisnis akan membantu Anda menjadi seorang nahkoda yang andal dan mampu menghadapi badai dengan baik ketika berlayar.

Perlu Anda ketahui, belajar ilmu bisnis tidak harus dengan buku, lho! Ada banyak media lain yang jauh lebih menyenangkan. Anda bisa belajar dari Youtube, belajar dari lingkungan sekitar, atau bertanya kepada pebisnis lain yang punya banyak pengalaman.

Selain itu, Anda juga bisa belajar dari artikel-artikel yang tersedia. Salah satunya adalah apa yang tengah Anda baca saat ini. Berikut adalah hal-hal penting yang harus Anda kuasai supaya usaha rumahan 2020 bisa berjalan dengan lancar.

Menemukan Passion

Menurut banyak orang, bisnis yang selaras dengan passion memiliki peluang keberhasilan yang lebih besar. Mengapa demikian? Passion atau kesukaan merupakan sesuatu yang pasti ada pada setiap dari kita.

Mengerjakan sesuatu yang kita suka tentulah lebih menyenangkan daripada mengerjakan sesuatu yang bukan kita sukai. Orang cenderung memulai bisnis yang sesuai dengan passionnya supaya tetap enjoy dalam setiap proses bisnis itu sendiri.

Setelah berhasil menemukan passion Anda, mulailah mencari dan menemukan peluang usaha rumahan yang sesuai dengan passion. Dengan begitu, harapannya Anda memiliki peluang keberhasilan yang lebih besar.

Belajar Administrasi

Salah satu faktor yang melatarbelakangi keberhasilan bisnis adalah kemampuan dalam menguasai administrasi, terutama manajemen keuangan. Jika Anda berpikir administrasi hanya ada pada bisnis skala besar, tentunya anggapan tersebut salah.

Memiliki pengetahuan tentang administrasi akan mempermudah Anda dalam mengelola keuangan. Pebisnis profesional adalah mereka yang tidak akan mencampurkan keuangan pribadi dengan bisnis.

Dengan pemahaman administrasi, dipastikan Anda bisa melakukannya dengan baik seperti seorang profesional. Administrasi memiliki kaitan erat dengan perkiraan modal awal. Ketika hendak menjalankan bisnis, kita perlu membuat rincian biaya produksi yang dibutuhkan. Berdasarkan rincian biaya produksi tersebut, akan didapatkan perkiraan modal awal.

Baca Juga: Contoh Usaha Perseorangan Dalam Berbagai Bidang

Menemukan Ide Bisnis Kreatif yang Unik

Poin terpenting dalam memulai bisnis adalah bagaimana Anda bisa menemukan peluang usaha rumahan modal kecil untung besar dengan keunikan atau ciri khasnya sendiri. Tentunya Anda mengerti bagaimana ketatnya persaingan dunia bisnis.

Terlebih bagi bisnis rumahan. Untuk bisa memenangkan persaingan tersebut, tugas Anda adalah menemukan peluang usaha rumahan kreatif yang memiliki nilai tambah sehingga mampu menarik minat konsumen.

Tugas ini tentunya bukan suatu hal yang mudah. Anda bisa memulainya dengan menemukan passion terlebih dahulu. Sedikit membekali diri dengan ilmu-ilmu administrasi dan bisnis. Setelahnya, barulah mengembangkan ide bisnis sesuai passion menjadi sesuatu yang memiliki ciri khas tersendiri.

Peluang Usaha Rumahan

Guna memudahkan Anda dalam hal menemukan mencari peluang usaha rumahan, berikut kami sajikan beberapa rekomendasi peluang usaha kreatif dengan modal kecil. Catat daftarnya, ya!
Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga yang Bisa Anda Coba

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti membatasi Anda untuk menjadi wanita yang mandiri secara finansial. Daripada terus duduk melamun menanti sore, bukankah lebih baik Anda melakukan sesuatu yang bisa membantu perekonomian keluarga?

Tentunya paham seperti ini tidak berlaku bagi semua orang. Ada yang berbisnis karena memang belum cukup ekonominya, dan ada pula yang berbisnis rumahan hanya untuk mengisi waktu luang.

Apapun alasannya tidaklah penting. Dalam hidup, kita memang tidak pernah tau apa yang akan terjadi kedepannya. Barangkali dengan bisnis kita bisa meraih kesuksesan yang tidak pernah di sangka. Nah, khusus bagi Anda yang sekarang tertarik dengan dunia bisnis, berikut adalah rekomendasi peluang usaha rumahan kreatif yang bisa Anda coba.

1. Dapur Jajanan, Kue dan Camilan

Ada yang hobi memasak? Kalau Anda punya kemampuan mengolah makanan dengan baik, ide bisnis jajanan, kue dan camilan bisa jadi pilihan yang tepat. Sulit menemukan orang yang tidak suka camilan.

Untuk memenangkan persaingan dengan sesama pebisnis, Anda bisa melakukan modifikasi terhadap camilan. Ada banyak sekali ide yang bisa Anda jadikan referensi. Salah satu cara mendapatkan ide tentang camilan adalah dengan marathon drama Korea.

Dalam drama Korea, kerap kali menampilkan jajanan-jajanan atau food street dengan berbagai bentuk dan rupa. Anda bisa memanfaatkan popularitas drama Korea sebagai alat bantu promosi.

Mengingat ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang terobsesi dengan budaya Korea, tentunya bisnis Anda akan mendapatkan sambutan yang positif. Selain jualan camilan, Anda juga bisa memulai bisnis kue-kue kecil untuk sarapan. Seperti brownies, atau donat, dijamin bisnis ini akan terus laku setiap harinya.

Kalau tidak punya stand pribadi, Anda bisa menitipkan pada kedai-kedai sarapan pagi. Jika tidak, Anda bisa menetapkan sistem PO atau pemesanan online, dan memanfaatkan layanan pesan antar untuk menjangkau pelanggan.

2. Kerajinan Dari Rotan

Peluang usaha rumahan berikutnya yang bisa Anda coba adalah membuat kerajinan dari rotan. Jenis usaha ini memang membutuhkan keahlian dan keterampilan tangan yang khusus. Selain itu, modalnya juga lebih besar daripada usaha kue dan camilan.

Besarnya modal dan juga kerumitan dalam proses pengerjaan, akan terbayar lunas dengan hasil penjualan nantinya. Produk dari rotan selalu bernilai jual tinggi. Kalau memang memiliki bakat dalam hal ini, manfaatkan dengan maksimal, ya!

Baca Juga: Daftar Contoh Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

3. Produk Daur Ulang

Produk-produk daur ulang bisa menjadi peluang usaha rumahan di tengah pandemi. Dalam kasus ini, Anda tidak harus memiliki bakat khusus. Yang diperlukan adalah kreativitas dan keterampilan tangan saja guna mengubah barang bekas menjadi sesuatu yang punya nilai jual.

Coba sejenak perhatikan sekitar, ada berapa banyak sampah yang Anda lihat? Sampah-sampah tersebut tidak akan mudah terurai, terutama plastik. Saat ini, pemerintah tengah menyusun strategi untuk memulihkan ekosistem bumi.

Salah satunya yang akan diupayakan adalah mengurangi penggunaan plastik dengan menggunakan produk-produk packaging yang ramah lingkungan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memberikan kontribusi nyata kepada bangsa.

Salah satunya adalah menjadi pelopor yang ambil bagian dalam pengurangan penggunaan plastik. Menjalankan bisnis produk daur ulang tidak hanya membawa keuntungan bagi diri pribadi, tetapi juga berkontribusi dalam mengembalikan ekosistem bumi.

Bukankah ini adalah pekerjaan yang mulia? Sekarang, sudah ada banyak produsen rumah tangga yang mengubah sampah menjadi sesuatu yang berharga. Berdasarkan informasi yang diketahui, mereka berhasil meraup keuntungan yang besar.

Tak hanya memperkaya diri sendiri, tetapi juga melakukan kontribusi nyata terhadap ekosistem bumi. Tidakkah Anda tertarik untuk mengikuti jejak mulia seperti ini?

4. Desain Mahar

Peluang usaha rumahan ini mungkin terdengar sepele, tetapi ini adalah usaha yang akan selalu memiliki pelanggan. Bagaimana tidak, dalam setiap waktunya akan selalu ada pasangan yang membutuhkan mahar untuk pernikahan mereka.

Mahar dapat berupa uang, peralatan shalat, atau benda-benda lainnya yang menjadi bagian penting dalam pernikahan. Supaya terlihat indah dan menarik, perlu seseorang yang memiliki kemampuan membentuk dan mendesain mahar sedemikian rupa.

Anda punya kesempatan untuk menjadi orang tersebut. Bisnis ini tidak membutuhkan modal banyak dan bakat khusus. Anda hanya perlu mengasah kreativitas dan juga kelihaian tangan dalam membentuk mahar menjadi sesuatu yang tampak berbeda dari wujud aslinya.

Semakin ciamik hasil karya yang Anda hasilkan, maka akan semakin tinggi pula nilai jualnya. Supaya memiliki jaringan bisnis yang lebih luas, Anda bisa menjalin kerjasama dengan wedding organizer, dan melakukan promosi secara online dengan sosial media.

5. Catering

Catering adalah contoh usaha modal kecil untung besar. Peluang usaha rumahan ini bisa Anda jalankan dari rumah. Kemampuan yang harus Anda miliki adalah kemampuan memasak yang sangat baik.

Sama seperti peluang bisnis desain mahar tadi, catering juga salah satu contoh bisnis yang selalu memiliki pelanggan. Sasaran yang Anda tuju adalah mahasiswa, anak kos, perusahaan, atau bisa juga menjalin kerjasama dengan wedding organizer.

Anda bisa menjadi pihak penyedia catering dari klien WO tersebut. Bagi Anda yang tidak punya modal besar, menjalankan catering akan lebih cocok daripada membuka rumah makan. Untuk mengantisipasi kerugian, Anda bisa menerapkan sistem PO, sembari mencari pelanggan tetap.

Dengan sistem PO, Anda hanya akan mengerjakan pesanan bagi mereka yang sudah membuat janji dan melakukan pembayaran. Dengan begini, kita bisa memasak sesuai kebutuhan saja, dan mengoptimalkan penggunaan modal.

6. Tanaman Hias

Selama masa pandemi, banyak orang yang memutar haluan dan belajar sesuatu yang baru. Salah satu yang paling booming pada saat itu adalah tanaman hias. Untuk mengusir rasa jenuh selama berkegiatan dari rumah, banyak yang memilih untuk berkebun dengan mengoleksi tanaman hias, seperti monsterra.

Popularitas tanaman hias memang sudah ada sejak dahulu. Namun tidak seheboh beberapa saat lalu yang mengakibatkan harga tanaman hias melonjak drastis. Untuk Anda yang punya hobi berkebun, momen ini masih bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha rumahan, lho!

Selain tanaman hias, Anda juga bisa menjadi penyedia media tanam, pupuk, ataupun pot bunga. Dalam bisnis ini, aktivitas penjualan mungkin tidak setiap hari, namun selalu menjadi kebutuhan.
Entah itu untuk penggunaan pribadi, taman kota, perusahaan, dan masih banyak lainnya.

Berbeda dengan ide bisnis catering, Anda harus memiliki kemampuan memasak yang andal. Berkebun hanya menuntut Anda telaten dan memiliki rasa cinta yang banyak kepada tanaman.

7. Bucket Wisuda dan Ulang Tahun

Untuk Anda yang bingung mencari peluang usaha rumahan dengan modal kecil, jasa merangkai bucket untuk wisuda atau ulang tahun bisa jadi pilihan. Umumnya kita menemukan bucket dari bunga asli ataupun bunga palsu dari kain flannel.

Bucket seperti itu sudah sangat biasa. Sebagai nilai plus, cobalah untuk menghasilkan sesuatu yang lebih kreatif, misalkan saja bucket snack, uang tunai, dan makanan ringan. Daripada bunga flannel, bucket snack dan uang tunai lebih banyak diminati oleh orang.

Peruntukkannya bermacam-macam, sebagai kado wisuda, ulang tahun teman, atau sekedar ucapan selamat atas sesuatu yang membahagiakan. Bisnis bucket tidak membutuhkan banyak modal.

Anda hanya perlu melatih diri untuk menjadi terampil, dan mengasah kreativitas supaya menghasilkan bucket yang cantik dan menarik.

Baca Juga: 11 Ide Usaha Rumahan (Kekinian Yang Menguntungkan)

Penutup

Itulah tadi pilihan peluang usaha rumahan yang bisa Anda jajal. Selain daripada 7 ide bisnis tadi, masih ada banyak sekali peluang usaha rumahan online ataupun offline yang bisa Anda temukan.

Jika memang berniat memulai bisnis, cobalah mulai dengan menganalisa lingkungan sekitar. Dari sana, Anda bisa menemukan ide bisnis kreatif yang potensial. Kembangkan ide tersebut sehingga menjadi sesuatu yang menjanjikan untuk masa depan.

Dan jangan lupa, cari sesuatu yang sesuai dengan passion atau kesukaan. Supaya jangkauan bisnis lebih luas, Anda bisa memanfaatkan teknologi digital sebagai media promosi. Misalkan saja memanfaatkan Instagram untuk promosi, atau membangun toko online pada salah satu marketplace, dan semacamnya.

Kunci dari membangun bisnis adalah keberanian dan keyakinan diri. Jangan pernah memikirkan resiko, jangan risau terhadap kegagalan. Ibaratkan air laut, akan selalu ada pasang dan surut. Begitu pula dengan dunia bisnis.

Peluang usaha rumahan akan selalu ada. Tergantung bagaimana Anda mengambil pilihan. Apakah memaksimalkan peluang tersebut atau mengabaikannya begitu saja dengan bersikap acuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like