Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menjanjikan Masa Depan

Peluang Usaha Di Desa

Seringnya masyarakat pedesaan menggantungkan hidup mereka dengan hasil bertani dan juga berkebun. Sedikit yang memilih menjadi pebisnis dengan alasan takut tidak menghasilkan keuntungan yang cukup. Padahal nyatanya, ada banyak sekali peluang usaha di desa yang menjanjikan dan potensial, lho!

Sudah semacam warisan turunan bahwasanya masyarakat desa akan menghabiskan waktunya menjadi petani dan juga berkebun. Hal ini karena memang kondisi tanah yang mendukung dan juga persediaan lahan yang masih banyak karena belum terjamah pembangunan pabrik dan hunian kota.

Selain itu, banyak orang yang enggan memulai bisnis di desa akibat takut dengan persaingan yang ada. Jenis usaha masyarakat desa biasanya monoton. Yang mendominasi adalah warung sembako.

Karena persaingan yang ketat, banyak masyarakat yang memilih menghabiskan waktunya untuk bertani saja. Bahkan ada sebagian lain yang memutuskan pindah ke kota-kota besar dengan harapan memiliki kehidupan yang lebih baik.

Pada kenyataannya, peluang usaha di desa terpencil tidak jauh berbeda dengan peluang usaha di kota. Kalau membahas tentang persaingan bisnis, rasanya bisnis perkotaan yang memiliki tingkat persaingan lebih keras.

Dimana saja Anda berada, poin penting dari berbisnis adalah bagaimana Anda dapat mengumpulkan keberanian untuk memanfaatkan kesempatan dengan sebaik mungkin. Meskipun saat ini Anda berada jauh dari perkotaan, kesempatan akan selalu ada.

Tergantung dari bagaimana kemampuan Anda dalam membaca peluang usaha di desa. Supaya jalan pikiran Anda semakin terbuka, dengan ini kami merangkum beberapa inspirasi peluang usaha di desa. Barangkali, salah satunya bisa menjadi pilihan nantinya.

Inspirasi Peluang Usaha di Desa 2021 yang Bisa Anda Coba

Antara desa dan wilayah perkotaan, masing-masing punya peluang usaha yang potensial. Hanya saja bidangnya yang berbeda. Sejauh ini, kita terbiasa percaya bahwa desa cuma bisa menghasilkan hasil bumi.

Seperti beras, kelapa, kelapa sawit, kopi, sayur-mayur dan banyak lainnya. Sangat jarang kita sadar bahwasanya, wilayah pedesaan punya potensi yang sangat menjanjikan apabila ada upaya nyata untuk melakukan pengembangan.

Terkadang, hasil bumi saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi dengan kondisi perekonomian yang naik turun. Harga jual hasil bumi milik petani desa cenderung murah, sedangkan harga bahan pangan terus saja melambung tinggi.

Ketimpangan ini mau tak mau membuat kita berpikir untuk menemukan dan menciptakan peluang usaha di desa yang bisa menjamin masa depan. Bagi sebagian orang yang tidak tertarik memulai bisnis, kondisi perekonomian yang sulit akan mendorong mereka untuk merantau ke kota-kota besar.

Pilihan ini memang bisa menjadi solusi yang bijak. Namun, tidak semua masyarakat desa mampu melakukan hal tersebut. Persaingan kerja daerah perkotaan jauh lebih berat daripada di desa.

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, Anda harus memiliki kemampuan atau skill yang mumpuni. Skill tersebut haruslah didukung oleh ijazah atau sertifikat pendidikan yang layak pula.

Kalau Anda tidak memiliki indikator tersebut, bisa menjajal peluang usaha di desa dengan modal kecil berikut ini saja. Dari daftar ini, ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan usaha sampingan seraya berkebun atau menanam sayuran. Catat daftarnya baik-baik, ya!

1. Jual Pulsa, Token Listrik dan Paket Internet

Membuka konter pulsa dan paket internet bisa jadi peluang usaha di desa. Saat ini, tidak ada manusia yang bisa bertahan tanpa pulsa dan paket internet. Anda tentunya begitu kan?
Berdasarkan hasil sebuah survei, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna ponsel pintar tercepat. Dahulu, internet dan smartphone hanya digunakan oleh masyarakat perkotaan saja.

Sulit bagi masyarakat desa untuk mengakses internet karena keterbatasan listrik dan juga jaringan. Kondisi mengenaskan itu tidak lagi kita temukan sekarang ini. Penyebaran listrik dan jaringan sudah merata, sampai ke wilayah pelosok desa sekalipun.

Masyarakat desa sekarang ini dapat menikmati akses internet dengan mudah. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang menajanjikan, lho! Anda bisa membuka counter pulsa, paket internet dan juga token PLN.

Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar. Keuntungannya juga lumayan apabila Anda tekun dalam melakoninya. Jika tidak punya stand, Anda bisa berjualan dari rumah. Jangan lupa memasang spanduk, atau plang nama supaya orang-orang tahu tentang bisnis yang Anda kerjakan.

2. Peternakan Ayam Kampung

Selain bertani, wilayah pedesaan juga potensial untuk lahan peternakan, lho! Kalau tidak mau repot mencari rumput setiap hari, Anda bisa beternak ayam kampung saja. Selain itu, modal awal untuk ternak ayam kampung jauh lebih murah daripada ternak sapi ataupun kambing.

Untuk ternak ayam kampung, Anda hanya perlu membangun kandang yang cukup, dan juga menyediakan pakannya. Pakan ayam bisa Anda dapatkan dari toko khusus menjual pakan ternak.

Ayam kampung tergolong sebagai hewan ternak yang tidak merepotkan. Tanpa pakan-pun mereka bisa bertahan dengan beras, atau sisa-sisa makanan. Meskipun begitu, tetap disarankan memberi hewan ternak dengan pakan yang layak ya! Supaya kualitas ayamnya terjaga dengan baik.

Apa yang bisa dihasilkan dari ternak ayam kampung? Bukankah ayam petelur lebih menjanjikan? Pertanyaan ini mungkin menjadi kebingungan sekaligus kekhawatiran Anda sekalian.

Ayam petelur merupakan spesies ayam yang sengaja untuk menghasilkan telur dan juga daging. Apakah berbeda dengan ayam kampung? Tentu saja tidak. Yang membedakan antara ayam kampung dengan ayam petelur adalah sasaran pasarnya.

Telur dan daging ayam kampung memiliki karakteristik yang berbeda dengan ayam petelur. Telur ayam kampung biasanya digunakan sebagai tambahan obat ataupun jamu. Dagingnya bisa untuk olahan berbagai makanan, namun teksturnya akan lebih alot daripada ayam petelur.

Untuk menjual hasil peternakan ayam kampung, Anda bisa menjalin kerjasama dengan warung-warung sembako terdekat, dan juga rumah makan. Meskipun popularitasnya tertimbun oleh ayam petelur, percayalah bahwa ayam kampung akan selalu menjadi kebutuhan banyak orang.

3. POM Bensin Mini

POM bensin mini bisa jadi peluang usaha di desa berkembang yang sangat potensial, lho! Bahan bakar merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang. Tanpa bahan bakar, kendaraan tidak bisa menyala, dan pekerjaan bisa tertunda.

Masalah bagi masyarakat pedesaan adalah tidak ada akses terhadap POM bensin. Untuk menuju POM bensin terdekat, mereka harus menempuh perjalanan yang jaraknya cukup jauh. Permasalahan ini, bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha di desa lho!

Masyarakat desa berkembang, biasanya membutuhkan bahan bakar untuk mengoperasikan alat-alat pertanian. Seperti traktor, mesin air, mesin diesel dan tentunya sepeda motor.

Anda bisa membuka usaha atau warung kecil yang menyediakan bahan bakar eceran. Jika menjual bensin eceran, Anda perlu menjalin kerjasama dengan pengepul supaya bisa mendapatkan bahan bakar setiap hari.

Kalau hal tersebut rasanya terlalu merepotkan, ada cara yang lebih ringkas, yakni menjadi mitra POM bensin mini. POM bensin mini biasanya milik waralaba, untuk menjadi mitra Anda hanya perlu menghubungi pemilik dan mengutarakan keinginan kerjasama.

Jika kondisi desa tempat Anda tinggal memang mumpuni, pihak waralaba akan senang hati menjalin kerjasama. Untuk desa yang letaknya jauh terpencil, dan akses jalan masih sulit, sepertinya akan susah menjalin kerjasama dengan pemilik POM bensin mini.

Pilihan yang tersisa adalah menjual bahan bakar eceran yang didapat dari pengepul. POM bensin mini atau bukan, keduanya tetap jadi ide bisnis yang laku setiap hari. Selama manusia masih menggunakan kendaraan bermotor, kebutuhan akan bahan bakar akan terus ada.

Baca Juga: Daftar Ide Usaha Kreatif Yang Kekinian Modal Kecil

4. Warung Sembako

Kalau usaha yang satu ini, tentunya Anda tak asing lagi kan? Warung sembako bisa menjadi peluang usaha di desa untuk ibu rumah tangga. Sembako merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Setiap harinya akan selalu ada yang mencari sembako. Mulai dari beras, minyak goreng, kebutuhan mandi, dan segala macamnya.

Warung sembako dapat dikatakan sebagai peluang usaha di desa yang tidak ada matinya. Sampai kapanpun, pelanggan akan selalu ada. Namun,perlu Anda tahu bahwasanya persaingan warung sembako juga sama tinggi dengan potensinya.

Ide bisnis ini tidak masuk dalam kategori bisnis kreatif. Untuk memulainya, Anda membutuhkan modal yang cukup, dan juga kesiapan mental dalam menghadapi persaingan. Kunci kesuksesan warung sembako adalah lokasi yang strategis, dan juga kemampuan Anda dalam mengelola modal.

Banyak pedagang bangkrut akibat tidak mampu mengelola modal, dan juga tidak mampu bersaing. Untuk itu, persiapkan diri Anda dengan baik apabila berniat membuka warung sembako.

5. Ternak Lele

Selain sapi, kambing dan ayam kampung, masih ada hewan lain yang menjanjikan untuk usaha peternakan. Apa lagi kalau bukan lele! Budidaya lele untuk daerah pedesaan adalah sesuatu yang sangat menjanjikan.

Modal awal ternak lele memang lumayan besar, namun keuntungannya jauh lebih besar. Anda perlu mempersiapkan kolam, membeli pakan dalam jumlah banyak setiap hari, dan juga melakukan perawatan.

Tantangan terbesar dari ternak lele adalah proses awal menghidupkan bibit ikan. Kalau ikan sudah mulai besar, pekerjaan Anda akan lebih ringan. Anda hanya perlu memberi makan setiap hari, mengganti air kolam dan menunggu masa panen.

Sekali panen, Anda bisa meraup untung dua kali lipat. Masa panennya juga bisa berangsur-angsur. Untuk alokasi hasil panen, Anda bisa menjalin kerjasama dengan warung makan, warung pecel lele, atau menjualnya secara eceran perkilo.

Ternak lele bisa Anda jadikan usaha sampingan sembari mengurus kebun atau menanam padi. Sebagai usaha utama pun, sebenarnya tidak masalah, karena memang ternak lele menjadi jenis usaha yang sangat potensial.

Baca Juga: 9 Contoh Usaha Mikro: Berbagai Bidang Yang Sukses

6. Jasa Jahit

Kalau punya kemampuan menjahit, Anda bisa bertahan hidup dengan kemampuan tersebut. Membuka jasa jahit pakaian adalah peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan, dan pesaingnya cenderung minim.

Tak sama dengan warung sembako, usaha menjahit membutuhkan skill dan kemampuan yang baik. Karenanya, persaingannya tidak seketat warung sembako, karena memang tidak semua orang punya kemampuan menjahit yang baik.

Anda bisa membuka kios kecil dan memasang papan nama. Informasikan jasa apa saja yang bisa Anda kerjakan. Pembuatan baju atau hanya permak saja. Semakin baik kualitas kerja yang Anda tunjukan, maka akan semakin tinggi peluang usaha Anda berkembang.

Sudah menjadi ketentuan umum, usaha yang berkenaan dengan jasa menuntut kualitas yang terbaik. Kalau Anda punya kemampuan dalam menyenangkan pelanggan dengan hasil jahitan yang berkualitas, tentulah usaha Anda akan berkembang dengan sangat pesan suatu waktu nanti.

7. Fotokopi

Dalam sebuah desa, pastilah tersedia fasilitas sekolah, meskipun jumlahnya hanya satu. Kondisi ini bisa menjadi kesempatan untuk menciptakan peluang usaha di desa, misalkan saja fotokopi dan juga warnet.

Setiap anak sekolah pastilah membutuhkan tempat fotokopi untuk berbagai keperluan. Kesempatan ini bisa jadi peluang yang sangat potensial. Untuk membuka warung fotokopi, Anda tak harus punya mesin yang bagus.

Sebagai langkah awal, sebuah printer saja sudah cukup. Membeli mesin fotokopi di awal, rasanya cukup riskan. Karena kita belum tahu bagaimana kondisi dan perkembangan bisnis kedepannya.

Ketika Anda sudah menjalankan bisnis, dan merasakan indikasi perkembangan yang positif, barulah berpikir untuk membeli mesin fotokopi. Sementara, Anda bisa mengandalkan printer saja terlebih dahulu.

8. Penyedia Jasa Servis Parabola

Bagi masyarakat pedesaan, akses terhadap TV kabel cukup sulit. Untuk bisa menikmati tayangan TV, mereka membutuhkan antena atau parabola. Masalah ini bisa menjadi peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan, lho!

Apa yang bisa Anda lakukan dengan parabola? Pilihannya ada dua, pertama sebagai penyedia jasa pemasangan parabola, atau sebagai jasa servis. Lebih baik lagi apabila Anda bisa melakukan keduanya sekaligus.

Pekerjaan sebagai tukang servis parabola mungkin terkesan sepele, dan hanya sebelah mata. Tapi, jasa ini pasti dibutuhkan. Bayangkan saja apabila tidak ada orang yang bisa memasang parabola, bagaimana mungkin masyarakat bisa menikmati tayangan TV?

Mendatangkan teknisi andal dari kota pastilah sulit. Menjadi tukang servis parabola tidak mengharuskan Anda menjalani kursus khusus. Anda bisa belajar secara otodidak saja, dan menjadikan profesi ini sebagai kerja sampingan. Dalam istilah kerennya, freelance.

Ada banya media atau tempat dimana Anda bisa mempelajari bagaimana cara memasang dan juga memperbaiki parabola. Sekarang ini, sudah banyak forum yang berisi sesama teknisi parabola di media sosial.

Dari sana, mereka sering berbagi informasi yang penting. Bergabung dalam forum tersebut akan membuka wawasan dan juga menambah kemampuan Anda sebagai teknisi pemasangan dan servis parabola.

Baca Juga: Daftar Contoh Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan

9. Menjadi Pengelola Destinasi Wisata

Coba perhatikan sekitar Anda, mungkinkah ada sesuatu yang berpotensi sebagai objek wisata desa? Kalau ada tempat yang menurut Anda potensial, coba kembangkan. Destinasi wisata adalah sesuatu yang menjadi andalan bangsa Indonesia.

Selain kaya akan budaya, Indonesia terkenal di mata mancanegara salah satunya karena kekayaan alam dan destinasi wisata yang memanjakan mata. Anda bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah desa untuk mengelola tempat wisata.

Kalau berhasil, maka akan ada banyak peluang usaha di desa wisata yang bermunculan. Seperti jasa penginapan, rumah makan, dan berbagai peluang usaha lainnya. Selain menciptakan peluang usaha yang baru, mengembangkan destinasi wisata turut menjadikan desa Anda semakin terkenal oleh masyarakat luas.

Hal ini akan mendorong pertumbuhan perekonomian. Bukankah ini adalah hal yang sangat menguntungkan?

Ternyata, ada banyak sekali peluang yang tersedia kalau kita mau membuka mata dan memanfaatkan kesempatan yang ada, ya! Daripada susah-susah merantau ke kota, atau menjadi TKI, rasanya lebih baik jika kita membangun desa tempat tanah kelahiran kita sendiri.

Demikianlah tadi ulasan terkait peluang usaha di desa yang menjanjikan dan menjamin masa depan. Masing-masing usaha tadi pasti memiliki resiko dan tantangan yang berbeda. Tugas Anda adalah mempersiapkan diri dan mempelajari tantangan tersebut sehingga menjadi sesuatu yang membawa pada kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like