Manfaat-Perencanaan-Keuangan
Keuangan

Manfaat Perencanaan Keuangan (Untuk Kesuksesan Bisnis)

Sebagai pemilik bisnis/usaha, tentunya banyak peran yang harus Anda jalankan.

Kesibukan ini terkadang membuat Anda tidak memiliki waktu luang untuk duduk dan fokus pada rencana keuangan bisnis Anda.

Padahal, manfaat perencanaan keuangan sangat banyak. Tanpa rencana keuangan yang matang, keputusan bisnis menjadi lebih berisiko dan perusahaan bisa kehilangan peluang besar.

Manfaat Merencanakan Keuangan Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat-Merencanakan-Keuangan-Yang-Perlu-Anda-Ketahui

Ada banyak manfaat perencanaan keuangan untuk bisnis, meskipun manfaat ini bisa berbeda di setiap orang tergantung pada bagaimana Anda menjalankan bisnis.

Tapi secara garis besar, beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Membantu Menentukan Modal

Rencana keuangan bisa membantu Anda melihat kebutuhan modal jangka pendek dan jangka panjang, serta membantu menentukan struktur modal dengan lebih tepat, yang terdiri dari modal alam, SDA, modal sosial, modal produksi, dan finansial.

Jadi, jangan membuat rencana keuangan saat bisnis sudah berjalan, tapi saat Anda akan memulainya.

Karena rencana keuangan akan membantu Anda mengetahui:

  • Berapa biaya untuk membuka bisnis Anda? Berapa biaya untuk mendaftarkan nama bisnis, membuat merek dagang logo, atau usaha Anda?
  • Dari mana asal modal awal Anda? Tabungan, keluarga, investor atau pinjaman?
  • Seberapa buruk kerugian yang akan dialami keuangan Anda jika bisnis Anda tidak berhasil?
  • Setelah bisnis Anda dibuka, berapa pendapatan tunai per bulan yang harus didapat agar bisnis tidak bangkrut?
  • Apa target pendapatan Anda untuk tahun pertama? Kedua? Atau Lima tahun ke depan?

2. Pengelolaan Arus Kas

Mengawasi dengan cermat tingkat kas dan hutang akan membantu menjaga keuangan bisnis Anda tetap seimbang, sehingga keuangan perusahaan lebih stabil, terutama untuk bisnis yang baru dibuka.

Perencanaan keuangan juga membantu Anda dalam hal:

  • Mengidentifikasi berapa banyak uang yang dibutuhkan bisnis Anda di setiap awal bulan, terlepas dari pendapatan aktual dan proyeksi Anda.
  • Membantu Anda belajar cara membuat anggaran utama untuk menunjukkan pengeluaran dan pendapatan bulanan rata-rata Anda.
  • Memberikan gambaran yang jelas tentang berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk biaya operasional dan membayar kewajiban (pajak, gaji karyawan, hutang ke bank, dll).

Simak juga: Jenis-Jenis Laporan Keuangan (Yang Perlu Anda Ketahui)

3. Mengatur Keuangan Pribadi

Berapapun ukuran bisnis Anda, penting untuk mengambil laba.

Laba tidak perlu tinggi pada tahap awal bisnis. Dalam jangka pendek, keuntungan mungkin belum begitu terasa.

Tapi dengan rencana keuangan yang baik, Anda bisa mengakumulasi jumlah laba yang Anda peroleh dalam periode waktu tertentu dan mengetahui berapa banyak tabungan pribadi yang bisa Anda kumpulkan di masa depan.

4. Mencapai Tujuan Pribadi

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga harus mengalokasikan waktu untuk mencapai tujuan pribadi Anda dengan cara yang sama seperti ketika Anda menyusun rencana bisnis jangka panjang.

Dengan adanya perencanaan keuangan, Anda bisa memprediksi seberapa lama atau cepat tujuan pribadi Anda akan tercapai.

5. Bisa Mengambil Asuransi

Dalam memulai atau menjalankan bisnis, sangat penting untuk memiliki asuransi yang tepat untuk melindungi bisnis dan aset pribadi Anda.

Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu polis asuransi.

Jika seorang karyawan utama di perusahaan Anda tiba-tiba tidak dapat bekerja misal, usaha Anda kemungkinan besar akan mengalami gangguan, bukan?

Sebagai perlindungan bagi perusahaan Anda dan karyawan, asuransi kesehatan, kecelakaan, dan kematian harus menjadi bagian penting dari bisnis Anda.

Dan hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah memiliki perencanaan keuangan yang jelas.

6. Membantu Perencanaan Bisnis

Bisnis yang sukses membutuhkan anggaran dan peninjauan rencana bisnis, yang juga melibatkan pemantauan kinerja dan laporan keuangan secara teratur.

Melalui perencanaan terstruktur, Anda dapat memusatkan sumber daya untuk mengurangi biaya dan meningkatkan laba.

Perencanaan bisnis harus memperhatikan arus kas, pertumbuhan bisnis, pesaing, dan keuntungan.

Dan perencanaan keuangan memungkinkan Anda untuk fokus pada pertumbuhan bisnis Anda tanpa harus pusing dengan keuangan yang tidak jelas.

Seiring dengan perencanaan bisnis, rencana keuangan dapat membantu Anda mengantisipasi masalah dan melakukan perbaikan terus-menerus, serta memberikan informasi keuangan yang dapat menjadi dasar keputusan bisnis Anda.

7. Persiapan Uang Darurat

Memang benar bahwa up and down dalam dunia bisnis adalah hal yang biasa, tapi jika menurun dalam waktu lama, bisnis Anda terancam mengalami kebangkrutan.

Tapi, tidak peduli bagaimana keadaan bisnis Anda, Anda tetap harus membayar biaya tertentu, seperti listrik, sewa gedung, dan gaji karyawan. Disinilah tabungan berperan penting.

Tabungan bisa membantu bisnis Anda tetap hidup selama masa-masa sulit tersebut, mengurangi ketidakpastian yang disebabkan oleh perubahan tren pasar dengan memiliki dana yang cukup, membantu dan mengurangi ketidakpastian yang dapat menyebabkan hambatan bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Tapi untuk bisa menabung, Anda harus memiliki rencana keuangan terlebih dulu.

8. Rencana Masa Depan

Industri terus berubah seiring waktu, dan tidak ada perusahaan yang memiliki peluang untuk bertahan dalam jangka panjang tanpa inovasi berkelanjutan.

Salah satu keuntungan dari rencana keuangan adalah memberikan gambaran tentang masa depan.

Perencanaan dan tabungan yang tepat memberikan modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan produk/layanan, serta memastikan bahwa dana perusahaan diinvestasikan dengan benar.

Simak juga: Tips Menabung Uang Cepat Terkumpul (Anti Gagal)

Rencana keuangan bermanfaat bagi bisnis Anda dalam banyak hal, mulai dari strategi bisnis, pemasaran, dan penjualan.

Secara garis besar, manfaat perencanaan keuangan adalah untuk mengetahui berapa banyak uang yang Anda hasilkan dan keluarkan selama bisnis Anda berjalan.

Semakin baik rencana keuangan Anda, semakin mudah bagi Anda untuk menabung, berinvestasi, dan mengelola bisnis.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *