Contoh-Usaha-Kecil-Kecilan
Peluang Usaha

[Daftar] Contoh Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan

Merasa gaji Anda saat ini kurang? Maka berbagai contoh usaha kecil kecilan berikut ini bisa Anda pertimbangkan.

Tak harus menyiapkan banyak modal dan mencari tempat untuk toko, karena saat ini ada berbagai jenis usaha kecil yang bisa Anda lakukan hanya dari rumah saja.

Sebenarnya apa saja contohnya? Silahkan simak pembahasannya hingga selesai dari Bisabisnis dibawah ini.

Contoh Usaha Kecil Kecilan (Menguntungkan)

Contoh-Usaha-Kecil-Kecilan-(Menguntungkan)

Usaha kecil tentu saja bisa berkembang menjadi usaha yang besar dengan keuntungan yang melimpah, jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Salah satu langkah awalnya adalah memilih usaha sesuai dengan passion Anda. Berikut contoh usahanya:

1. Franchise Minuman

Franchise sendiri sudah ada sejak beberapa tahun silam, dan masih hits sampai sekarang. Dibanding makanan, franchise minuman termasuk lebih mudah dan kecil modal.

Pengolahan dan penyajiannya juga lebih praktis dan cepat.

Harga minuman cup yang murah meriah bisa menjangkau pasar yang lebih luas, mulai dari anak-anak sampai dewasa, dan dari berbagai kalangan.

Apalagi jika lokasi rumah Anda berada dekat dengan kampus, pusat perbelanjaan, taman, atau tempat umum lainnya, besar kemungkinan usaha Anda akan lebih cepat dikenal.

Beberapa contoh minuman yang sedang hits tahun ini adalah minuman berbasis coklat, susu, boba, teh aneka rasa, susu, dan es kopi.

2. Jus Buah

Hampir mirip dengan ide sebelumnya, tapi jus buah tidak membutuhkan kerjasama dengan pihak lain. Anda bisa membuka usaha ini secara mandiri.

Cukup siapkan beberapa jenis buah, cup dan sedotan, lalu gunakan blender dan es batu dari kulkas di rumah.

Simak juga: Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga (Modal Kecil)

3. Bimbel / Tempat Les

Jika Anda menguasai berbagai bahasa, unggul dalam mata pelajaran tertentu, atau pandai menjelaskan konsep dengan cara yang mudah dipahami, plus suka dengan anak-anak, pertimbangkan untuk memulai bisnis bimbel di rumah Anda sendiri.

Tergantung pada keahlian Anda, Anda bisa mengkhususkan diri dalam bidang tertentu, seperti bahasa, matematika, atau seni budaya.

Anda bahkan bisa memulainya dengan 1 murid private, atau 5 murid dalam 1 kali pertemuan yang merupakan anak-anak tetangga.

4. Jual Camilan

Camilan pedas sedang sangat booming dalam beberapa tahun terakhir, dan sampai saat ini jumlah peminatnya masih sangat tinggi.

Anda bisa mencoba membuat dan menjual keripik pedas, kentang goreng pedas, makaroni, seblak, mie lidi, tahu mercon, tahu gejrot, baso bakar pedas dengan aneka level, dan masih banyak lagi.

Anda bisa memulai dari 10-20 bungkus dan coba tawarkan ke pasaran, lalu lihat bagaimana feedback pembeli.

Jika tidak bisa/tidak ada waktu untuk membuat sendiri, Anda juga bisa membeli dari supplier untuk kemudian dijual lagi.

5. Jualan Kue Kering

Kue kering ternyata tidak hanya dicari saat lebaran saja.

Dalam berbagai acara dan momen, kue kering adalah menu favorit dan murah meriah untuk diberikan kepada para tamu undangan.

Untuk jenisnya sendiri sangat beragam, mulai dari kue semprit, nastar, cookie brownies, cornflake, sagu keju, putri salju, lidah kucing, hingga kastengel.

Pilihannya benar-benar sangat luas dan tak terbatas. Begitu juga dengan varian rasa, topping, tampilan, dan kemasannya.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan resep dan contoh penyajiannya dari internet atau buku masak.

6. Menu Sarapan

Jika waktu luang Anda adalah pagi hari, usaha menjual makanan untuk sarapan bisa dipertimbangkan.

Target pasar untuk bisnis ini termasuk tinggi, karena kebanyakan karyawan dan mahasiswa yang tinggal di kos lebih suka makan di luar, apalagi saat pagi hari.

Anda bisa mempertimbangkan bubur ayam, nasi pecel, roti / sandwich isi, nasi kuning, nasi goreng, nasi uduk, onigiri, roti bakar, atau bahkan menu sehat seperti smoothies, salad buah, oatmeal, dan aneka jus buah segar.

7. Cetak Undangan

Jika Anda memiliki keterampilan desain grafis dan sudah memiliki laptop serta printer di rumah, usaha cetak undangan bisa langsung Anda jalankan.

Anda hanya butuh strategi marketing yang bagus dan gunakan handphone serta koneksi internet sebagai alat komunikasi.

8. Warung Kopi

Warung kopi tidak sama dengan cafe dan coffee shop. Warung kopi adalah usaha rumahan dengan modal seadanya, fasilitas biasa, dan menu yang tidak banyak.

peluang usaha ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di dekat jalan raya atau perkantoran.

Anda hanya perlu menyiapkan cangkir dan gelas, kopi hitam atau kopi sachet, dan beberapa jenis minuman kemasan seperti air mineral dan teh botol.

Sebagai pelengkap, bisa juga ditambah gorengan dan mie goreng/rebus instan.

9. Permak Baju

Jika Anda adalah orang yang terampil dengan mesin jahit dan benang, usaha permak baju menawarkan peluang bisnis yang potensial.

Usaha ini tidak membutuhkan banyak peralatan atau ilmu khusus. Anda hanya perlu melakukan promosi yang menarik.

10. Dropshipping

Apakah Anda ingin menjual produk secara online tapi tidak punya uang untuk membeli dan menyimpan barang? Maka pertimbangkan untuk menjadi dropshipper.

Model bisnis e-niaga ini tidak perlu mengelola produk fisik apa pun, Anda hanya harus membuka toko online, berkomunikasi dengan pelanggan, dan bermitra dengan supplier yang tepat.

11. Jastip

Apakah Anda gemar berbelanja? Maka membuka jastip (jasa titip) bisa menjadi pekerjaan menyenangkan yang bisa menghasilkan uang.

Anda bisa membeli produk pesanan pelanggan dari situs web atau toko fisik, kemudian mengirimkannya ke alamat pelanggan.

Dan tentu saja, Anda akan mendapatkan fee per item, biasanya sekitar Rp 20.000-Rp 25.000.

Ada berbagai macam produk yang bisa dijadikan jastip, mulai dari baju, tas, sandal/sepatu, aksesoris, hingga perlengkapan rumah.

Simak juga: [Peluang] Usaha Sampingan Tanpa Modal Sepeserpun

Meskipun ada banyak contoh usaha kecil kecilan yang bisa berkembang pesat dari tahun ke tahun, ada baiknya untuk mempertimbangkan dulu keahlian Anda.

Dengan berfokus pada keahlian Anda, atau hal apa yang Anda sukai, Anda bisa mendapatkan ide bisnis yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dan passion.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *