Cara-Menjadi-Pengusaha-Sukses
Tips Bisnis

9+ Tips: Cara Menjadi Pengusaha Sukses Di Usia Muda

Memulai bisnis sendiri bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus menantang. Karena itu, banyak orang yang akhirnya beralih profesi atau terjun ke dunia bisnis.

Tapi, tidak banyak yang tahu bagaimana cara menjadi pengusaha sukses. Satu yang pasti adalah Anda akan menghadapi banyak rintangan dan jatuh bangun dalam perjalanan menuju kesuksesan.

Cara termudah menjadi pengusaha adalah belajar/berguru kepada pengusaha senior yang telah mencapai kesuksesannya.

Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa menemukan mentor yang tepat. Jika Anda adalah salah satunya, berikut ini adalah beberapa tips dari Bisabisnis untuk Anda.

Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Cara-Menjadi-Pengusaha-Sukses-di-Usia-Muda

Saat ini, banyak jiwa-jiwa muda yang memiliki impian untuk memulai bisnis sendiri.

Namun bagi sebagian orang, terjun ke dunia wirausaha bisa sedikit menakutkan, terutama jika Anda terjebak pada mitos bahwa 90 persen usaha rintisan akan berakhir dengan gulung tikar.

Tapi, tingkat kegagalan tidak akan terlalu tinggi jika Anda menggunakan taktik yang benar seperti berikut ini:

1. Tantang Diri Anda

Sebelum terjun ke dunia bisnis, bulatkan niat dan tekad Anda terlebih dulu. Kemudian tantanglah diri Anda untuk belajar lebih banyak hal baru setiap hari.

Dengan begini, wawasan Anda akan lebih luas dan pengalaman Anda kian bertambah.

2. Usaha Yang Disukai / Kuasai

Apapun bisnis yang Anda jalankan, semuanya pasti membutuhkan banyak waktu.

Dan salah satu cara utama untuk membuat diri Anda nyaman dengan proses tersebut adalah menjalankan bisnis yang benar-benar Anda sukai dan kuasai.

Dengan begini, kemungkinan untuk gagal juga akan semakin kecil, karena Anda sudah menguasai dan mencintai bidang tersebut.

3. Percaya Diri

Biasakan untuk berpikir positif dan percaya pada kemampuan diri sendiri.

Percayalah bahwa Anda bisa sukses dan akan selalu menemukan jalan keluar dalam menghadapi berbagai rintangan.

Jika tidak, Anda hanya akan mencari alasan untuk menyerah dan pada akhirnya mudah gagal.

4. Ketahui Target Pasar

Tidak bisa memahami target pasar adalah salah satu alasan utama mengapa pebisnis baru mudah gagal.

Jika Anda menginginkan peluang sukses, Anda perlu meneliti pasar sasaran Anda secara menyeluruh sebelum benar-benar menjalankan bisnis Anda.

Cara ini akan membantu Anda mengidentifikasi hal-hal penting seperti harga, cara promosi yang menarik audiens, ide besar apa yang dibutuhkan, dsb.

Semakin baik Anda memahami target pasar Anda, semakin mudah bagi Anda untuk menghindari kegagalan.

5. Bersiaplah Untuk Berkorban

Tidak ada yang namanya sukses dalam semalam. Bahkan jutawan dengan pemasukan tiap ratusan juta per bulan adalah hasil dari kerja keras selama belasan atau bahkan puluhan tahun.

Jika ingin menjadi pengusaha yang sukses, Anda membutuhkan dedikasi tingkat tinggi dan konsisten, yang berarti Anda harus mengorbankan waktu dan uang untuk mewujudkannya.

Memang tidak menyenangkan ketika harus absen dari acara pesta teman-teman atau traveling ke berbagai tempat impian, tapi jenis pengorbanan seperti ini jauh lebih mudah dilakukan sekarang daripada saat Anda sudah tua.

6. Jadilah Seorang Perencana

Mungkin Anda pernah atau sering mendengar pertanyaan, “Apa rencana Anda untuk 5 tahun ke depan?” Dalam wawancara kerja, pertanyaan semacam ini seringkali tidak menyenangkan dan sulit untuk dijawab.

Tapi salah satu cara menjadi pengusaha sukses adalah harus memiliki kemampuan untuk membuat rencana masa depan yang hebat.

Gunakan visi misi Anda untuk menetapkan tujuan yang realistis, dan untuk menumbuhkan serta mengembangkan bisnis Anda.

Jangan lupa untuk memberikan deadline, agar Anda bisa meningkatkan fokus dan ambisi.

7. Jalin Hubungan Baik

Menjalankan bisnis tentu saja butuh berbagai keterampilan yang mungkin saja belum dikuasai.

Jika Anda belum memahami suatu hal atau keadaan, sebaiknya Anda tidak mencoba membuat keputusan sendiri yang tingkat resikonya cukup tinggi.

Untuk itu, jalinlah hubungan baik dengan pengusaha lain yang lebih ahli dan berpengalaman.

Karena para pengusaha senior telah melewati berbagai keadaan serta memiliki pengetahuan dan pengalaman yang bisa membantu Anda membuat keputusan tepat.

Ada yang mengatakan bahwa “Dengan siapa Anda bersama, itu adalah diri Anda sendiri.

Dengan kata lain, cara yang paling cepat untuk menubah diri Anda sendiri adalah dengan bergaul bersama orang yang sudah menjadi apa yang Anda impikan”

8. Hadapi Ketakutan

Mengatasi rasa takut memang tidak mudah, tapi harus dilakukan.

Dalam dunia bisnis, rasa takut akan membuat Anda berhadapan dengan dua pilihan, yaitu mundur dan gagal, atau berpikir secara kreatif bahwa setiap masalah yang ada selalu datang bersama peluang yang lebih bagus.

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, pilihan kedua tentu harus dilakukan.

9. Pilih Partner Yang Tepat

Delapan poin sebelumnya mungkin sudah bisa Anda lakukan, tapi ini masih belum cukup.

Karena bisnis yang sukses tidak hanya terdiri dari ide kreatif dan produk inovatif, tapi juga tim yang kompeten untuk mengelola keuangan, produksi, manufaktur, pemasaran, dan semua hal lain yang dibutuhkan dalam suatu bisnis.

Carilah rekan kerja yang memiliki visi sama dengan Anda, yang bisa bergabung dengan tim, bisa memperbaiki kekurangan Anda, dan bersedia tetap bersama dalam berbagai situasi dan keadaan.

Pastikan juga bahwa rekan Anda adalah orang yang jujur dan loyal.

Simak juga: Cara Memulai Bisnis Online (Dari Nol Tanpa Modal)

Saat masih muda, Anda bisa melakukan lebih banyak hal daripada saat Anda berusia senja, termasuk mempelajari bagaimana cara menjadi pengusaha sukses.

Memang tidak mudah, hasilnya juga tidak akan instan, bisa berhasil atau mungkin gagal. Anda tidak akan tahu bagaimana hasilnya kecuali Anda mencobanya. Bahkan jika harus gagal, Anda tidak akan menyesal karena setidaknya pernah mencoba.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *