Cara Memulai Usaha Jus Buah Segar dengan Modal Kecil

Cara Memulai Usaha Jus Buah Segar

Bisabisnis – Prospek usaha jus buah segar sangatlah luas dan mampu memberikan keuntungan yang besar, apalagi saat ini kebanyakan orang mulai beralih ke gaya hidup sehat dan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin.

Namun sebelum memulainya, ada baik jika Anda memperhatikan dulu cara memulai usaha jus buah segar yang telah kami berikan dibawah ini, agar dapat melakukan persiapan dengan baik.

1. Tentukan Modal Awal

Meskipun bisnis jus terlihat cukup sederhana, namun Anda perlu menentukan modal awal yang akan digunakan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa lebih mudah untuk menghitung keuntungan serta biaya operasional yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi usaha merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis. Lakukan survei terlebih dahulu sebelum memilih lokasi, agar bisa mendapatkannya dengan tepat. Lokasi strategis akan membantu bisnis lebih mudah dijangkau dan dilihat oleh banyak orang.

Semakin banyak orang yang berada di lokasi usaha, tentu akan semakin besar pula peluang meningkatnya penjualan produk. Pilihlah lokasi di tengah-tengah keramaian, seperti di mall, sekolah, kampus, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

3. Tentukan Target Pasar

Menentukan siapa target pasar yang ingin diraih akan memudahkan Anda untuk memilih lokasi usaha serta menentukan jenis produk yang akan dipasarkan. Setiap segmentasi pasar memiliki selera serta kebutuhan yang berbeda.

Untuk itu, agar dapat memenuhi kebutuhan target pasar secara maksimal dan membuat produk terlihat menarik, Anda perlu menentukan targetnya terlebih dahulu.

Misalnya jika memilih target pasar mahasiswa, artinya Anda perlu menghadirkan produk yang unik dan kekinian mengikuti gaya hidup saat ini. Hal tersebut akan menjadi daya tarik yang membuat orang menjadi penasaran dan berkeinginan untuk mencoba produk.

4. Siapkan Bahan dan Alat

Siapkan bahan serta alat yang diperlukan untuk memulai bisnis. Buatlah daftarnya terlebih dahulu agar proses pengadaan bahan dan alat bisa dilakukan dengan lebih mudah dan tidak ada yang terlupakan.

Buatlah daftar bahan yang akan dibeli untuk memulai usaha, misalnya buah-buahan apa saja yang ingin dibeli, gula, susu, dan lain sebagainya. Buat juga daftar alat yang akan digunakan, misalnya blender, gelas, lampu, dan lain sebagainya.

Dengan adanya daftar, Anda bisa lebih mudah untuk melakukan pengecekan kembali sebelum sistem operasional bisnis dijalankan.

5. Terapkan Sistem Promosi

Promosi merupakan kegiatan yang harus dilakukan dalam bisnis. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memasarkan serta memberikan informasi tentang produk kepada masyarakat secara lebih luas.

Anda bisa mulai promosi dari lingkup yang terdekat terlebih dahulu, misalnya keluarga, kerabat, maupun teman. Melalui orang terdekat berita bisa disebarkan dari mulut ke mulut dengan cepat.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi melalui media online maupun offline seperti menyebarkan brosur, mengupload di media sosial, dan lain sebagainya. Gunakan bahasa yang persuasif untuk menarik perhatian orang untuk membeli produk yang dipasarkan.

Anda bisa memberikan promo seperti beli 1 gratis 1, gratis ongkos kirim, potongan harga khusus untuk varian tertentu, dan lain sebagainya agar produk terlihat lebih menarik.

6. Lakukan Inovasi dengan Rasa

Cara memulai usaha jus buah segar agar sukses adalah melakukan inovasi dengan rasa, sehingga terasa lebih unik dan berbeda. Contohnya ketika toko lain menawarkan jus hanya dalam bentuk cairan saja, Anda bisa memberikan varian baru dengan menambahkan potongan buah di atas jus yang disajikan.

Dengan begitu, rasa buah akan terasa lebih menyegarkan. Anda juga bisa melakukan inovasi rasa dengan mencampurkan beberapa jenis buah ke dalam satu menu baru dengan nama yang unik.

Dengan demikian, bisnis Anda bisa memiliki karakteristik tersendiri dan mampu bersaing dengan para kompetitor lainnya.

Anda juga perlu menyesuaikan jenis produk yang dijual dengan tren masyarakat saat ini, agar produk terlihat semakin menarik. Misalnya saat ini sedang tren minuman sehat atau diet, Anda bisa menawarkan produk minuman yang dibuat dari campuran sayur dan buah.

7. Buat Kemasan yang Menarik

Agar mudah diingat dan terlihat menarik, Anda perlu membuat logo yang berkarakter. Logo yang ditampilkan bisa berupa tulisan, gambar maupun kombinasi keduanya. Hal tersebut bisa membentuk nilai branding dan membuat orang lebih mudah untuk mengingatnya.

Agar lebih menonjol dan berbeda, cobalah berinovasi dengan kemasan. Hadirkan kemasan yang lain dan berbeda agar terlihat lebih unik dan menarik saat difoto.

Dengan begitu, pelanggan yang membelinya bisa spontan untuk menguploadnya di sosial media pribadi mereka. Hal ini secara tidak langsung bisa membantu sistem promosi produk yang Anda jual.

8. Tawarkan Harga yang Bersaing

Anda perlu melakukan survei harga terlebih dahulu agar bisa menawarkan harga produk yang terjangkau dengan kualitas yang unggulan. Penetapan harga merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan, karena dapat menarik perhatian calon pelanggan.

Kebanyakan orang lebih menyukai harga murah dengan kualitas bagus, apalagi jika mendapatkannya dalam jumlah banyak. Hitunglah biaya operasional dengan cermat agar dapat menentukan harga jual dengan tepat.

9. Sediakan Berbagai Jenis Ukuran

Saat ini sedang tren minuman dikemas dalam berbagai jenis ukuran, mulai dari ukuran gelas, 250 ml hingga 1 liter. Hal tersebut dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam.

Banyak masyarakat yang lebih tertarik untuk membeli minuman dengan kemasan besar sekaligus, karena dinilai lebih menguntungkan apalagi bagi mereka yang suka mengkonsumsinya secara rutin.

Menyediakan berbagai jenis kemasan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dan mudah dalam memenuhi kebutuhannya.

10. Jual Produk Secara Online

Anda perlu mengikuti perkembangan zaman untuk dapat bersaing dengan para kompetitor. Saat ini kebanyakan masyarakat lebih menyukai sistem belanja online dibandingkan membeli langsung di toko. Hal tersebut terjadi karena belanja online dianggap lebih mudah dan cepat.

Untuk meraih pasar yang lebih luas Anda bisa coba untuk memasarkan produk bukan hanya secara offline, namun juga secara online.

Anda bisa menawarkan produk melalui sistem online dengan mengupload menu di sosial media, membuka toko di berbagai marketplace, atau bekerja sama dengan aplikasi layanan antar makanan online.

Jangan lupa untuk mengaktifkan layanan pengantaran khusus untuk menjamin kualitas produk, agar bisa sampai secepatnya ke tangan pelanggan.

Simak juga:: 10 Tips Andalan Memulai Bisnis Supplier Sayuran Organik

Dengan memperhatikan cara memulai usaha jus buah segar dengan baik, Anda bisa meraup keuntungan yang berlipat ganda. Dalam menjalankan bisnis diperlukan kesabaran serta kerutinan agar dapat berkembang ke arah yang lebih menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like