Cara Memulai Usaha Cetak Foto Mudah dan Menguntungkan

Cara Memulai Usaha Cetak Foto

Bisabisnis – Kiat tentang cara memulai usaha cetak foto banyak dibutuhkan oleh para pemula, untuk dapat memulai bisnisnya agar lebih terarah. Dengan adanya pedoman, para pemula bisa mulai mempersiapkan diri dan juga berbagai keperluan untuk memulai bisnis.

Peluang usaha cetak foto saat ini memang cukup besar, karena semakin banyak masyarakat yang membutuhkannya. Untuk dapat bersaing dengan kompetitor, Anda perlu menyusun strategi pemasaran dengan baik dan menjamin seluruh pelanggan bisa mendapatkan layanan yang berkualitas.

Prospek pasar usaha ini bisa dikatakan cukup luas dan bisa bertahan lama. Seperti yang diketahui bahwa saat ini teknologi semakin berkembang dan kebanyakan orang mengabadikan momen dengan menggunakan kamera maupun smartphone, yang artinya membutuhkan jasa cetak.

Berikut ini ada poin-poin yang harus Anda perhatikan ketika akan memulai usaha cetak foto.

1. Siapkan Modal Usaha

Untuk menjalankan sebuah bisnis tentu Anda membutuhkan modal. Agar lebih terarah, tentukan jumlah modal yang akan Anda gunakan terlebih dahulu. Modal tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli peralatan, menyewa tempat usaha dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan modal dari dana pribadi yang dimiliki atau membangun kerja sama dengan pihak lain agar lebih ringan.

Usaha cetak foto bisa dikatakan cukup beragam, bisa diterapkan dengan konsep yang sederhana hingga profesional yang menggunakan alat khusus untuk mencetak foto dalam jenis kanvas dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan jumlah modal yang dimiliki.

2. Memilih Lokasi Usaha yang Strategi

Untuk memulai bisnis cetak foto Anda harus memilih tempat yang strategis, agar bisa ditemukan dengan mudah. Sesuaikan lokasi dengan target pasar yang Anda inginkan, misalnya lingkungan perkantoran, kampus, sekolah, mall, hingga pemukiman yang ramai penduduk.

3. Perdalam Keterampilan di Bidang Desain Foto

Ketika mencetak foto, seringkali pelanggan meminta untuk diedit terlebih dahulu agar hasilnya lebih bagus dan sesuai keinginannya. Untuk itu, Anda perlu memiliki keterampilan dalam bidang desain foto.

Selain itu, keterampilan ini juga diperlukan agar Anda bisa mencetak foto dengan memaksimalkan media yang ada. Contohnya ketika ingin mencetak foto 4×6 sebanyak 15 lembar, Anda tidak perlu menggunakan 15 lembar kertas foto, melainkan satu lembar saja cukup.

Anda bisa membagi dalam ukuran yang sama dan menduplikasinya sebanyak 15 untuk dijadikan satu lembar, kemudian dicetak serta dipotong sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Tanpa keterampilan desain Anda tentu akan kesulitan untuk mengerjakannya dan membuat biaya operasional bisnis membengkak.

4. Menyiapkan Alat yang Digunakan

Cara memulai usaha cetak foto yang selanjutnya adalah menyiapkan berbagai alat yang digunakan, contohnya komputer, printer, kertas, dan lain sebagainya. Setiap alat tentu memiliki spesifikasi, fungsi serta harga yang berbeda.

Untuk menekan biaya operasional, Anda harus cermat memilih alat yang akan digunakan. Pilihlah alat multifungsi yang bisa digunakan untuk beberapa jenis kebutuhan sekaligus, misalnya menggunakan printer yang sekaligus bisa untuk scan maupun fotocopy.

Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam dengan peralatan serta biaya operasional yang minimal.

5. Merekrut SDM yang Profesional

Untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik dan memberikan pelayanan yang maksimal, Anda perlu menyiapkan SDM yang handal dan berpengalaman. SDM tersebut bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis yang dijalankan.

Jika belum mampu untuk membayar karyawan, Anda bisa turun tangan sendiri untuk menjalankan bisnis dan merekrut beberapa karyawan saja untuk membantu melayani pelanggan. Jika usaha sudah mulai berkembang dan memiliki banyak pelanggan, Anda bisa menambah karyawan sedikit demi sedikit.

6. Desain Tempat Usaha dengan Konsep yang Menarik

Konsep toko bisa menjadi salah satu nilai tambah yang mampu menarik pelanggan untuk mengunjungi tempat Anda. Selain itu, suasana toko juga bisa menarik pelanggan dan membuatnya nyaman dengan layanan yang diberikan.

Tampilkan ciri khas yang menjadi karakter bisnis Anda, agar para pelanggan yang datang bisa lebih mudah untuk mengingatnya.

7. Lakukan Promosi di Berbagai Media

Agar usaha bisa lebih berkembang dan dikenal oleh banyak orang, Anda perlu melakukan proses promosi yang tepat. Promosi bisa dilakukan melalui berbagai media, misalnya menyebarkan brosur, melakukan promosi melalui sosial media, beriklan di media cetak, dan lain sebagainya.

Semakin banyak orang yang mengetahui usaha Anda, maka akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

8. Siapkan Kartu Nama Khusus Usaha

Agar lebih mudah menjalankan promosi, Anda perlu menyiapkan kartu nama khusus untuk usaha. Dalam kartu nama tersebut Anda bisa menginformasikan nama usaha, alat, serta kontak yang bisa dihubungi. Hal ini bisa menjadi salah satu sarana komunikasi Anda dengan pelanggan.

Buatlah kartu nama dengan desain yang unik, agar nilai kredibilitas bisnis semakin meningkat. Kartu nama bisa membuat calon pelanggan tertarik dan bisa langsung menghubungi Anda, ketika membutuhkan sebuah layanan atau membutuhkan informasi terkait dengan layanan yang disediakan.

9. Tawarkan Diskon

Agar bisa menarik perhatian para pelanggan, cobalah untuk menawarkan diskon kepada calon pelanggan. Contohnya saja memberikan potongan harga untuk cetak ukuran tertentu, bisa mendapatkan gratis cetak foto jika telah mencetak minimal 10 lembar, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga perlu meningkatkan layanan yang diberikan seperti menjaga kualitas hasil cetakan foto, melayani dengan ramah, serta cepat dan lain sebagainya.

Dengan mendapatkan layanan yang memuaskan, pelanggan akan merasa lebih nyaman dan memiliki keinginan untuk kembali lagi menggunakan layanan yang disediakan.

10. Hitung Biaya Operasionalnya

Untuk menjalankan bisnis, Anda perlu memperhitungkan kira-kira berapa jumlah biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda bisa mengetahui dengan pasti berapa keuntungan yang diraih

11. Jual Produk yang Berkaitan dengan Bidang Usaha

Dalam bisnis percetakan foto Anda tidak bisa hanya menawarkan jasa cetak saja, karena beberapa pelanggan mungkin akan membutuhkan produk lain yang berkaitan dengan foto, misalnya frame, album foto, dan lain sebagainya.

Agar lebih menarik Anda bisa menawarkan konsep cetak foto yang unik dan berbeda, misalnya foto yang bisa ditempel langsung seperti stiker, foto yang dicetak pada mug, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat menambah penghasilan serta meningkatkan daya tarik dari usaha yang Anda jalankan.

Simak juga:: √ 10 Tips Baru Memulai Usaha Percetakan Bagi Seorang Pemula

Cara memulai usaha cetak foto bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk mulai merintis bisnis kecil-kecilan. Lakukan penyusunan strategi serta promosi yang baik, agar bisnis bisa semakin berkembang dan mampu memberikan keuntungan yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like