Cara-Memulai-Bisnis-Jualan-Pulsa
Tips Bisnis

7+ Tips: Cara Memulai Usaha Jual Pulsa Untuk Pemula

Jualan pulsa adalah salah satu ide bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal dan pengalaman. Mulai dari pelajar, karyawan perusahaan, dan ibu rumah, semua bisa melakukannya.

Dua modal utama yang Anda butuhkan adalah Handphone dan bersedia online kapanpun dibutuhkan.

Meski terlihat mudah, bisnis ini juga membutuhkan beberapa strategi khusus. Dengan memahami cara memulai bisnis jualan pulsa yang tepat, bisnis kecil ini bisa mendatangkan omset yang lumayan besar.

Mengapa Bisnis Jualan Pulsa?

Mengapa-Bisnis-Jualan-Pulsa

Berikut empat alasan mengapa bisnis ini cukup layak untuk dijalankan:

1. Mudah Dipelajari

Tidak seperti bisnis-bisnis lain yang membutuhkan pengalaman dan keahlian khusus, bisnis jualan pulsa terbilang sangat mudah untuk dipelajari.

Anda tidak perlu mengikuti seminar, gabung ke forum, dan sebagainya. Kuncinya hanya satu, Anda harus tekun.

2. Modalnya Kecil

Modal adalah salah satu ketakutan utama yang dirasakan oleh para calon pengusaha, tapi hal ini tidak berlaku untuk usaha jual pulsa.

Karena modal utama berupa Handphone pastinya sudah Anda miliki. Bahkan, Handphone tidak terlalu penting jika yang Anda jual adalah pulsa voucher.

Modal kedua adalah paket internet. Jika Anda memiliki WiFi di rumah, bahkan bisa dibilang usaha ini tidak membutuhkan modal sama sekali.

3. Target Pasar Luas

Saat ini, pulsa menjadi kebutuhan primer setiap orang di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, dan pria maupun wanita.

Dengan kata lain, pasarnya sangat luas dan dibutuhkan di berbagai kota / negara. Jadi, Anda tidak perlu repot melakukan riset pasar untuk menentukan target konsumen.

4. Minim Resiko

Modal sangat kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali membuat usaha jual pulsa sangat minim resiko alias tidak akan membuat Anda rugi.

Desk job Anda hanyalah menghubungkan pembeli pulsa dengan dealer pulsa, tidak perlu menyediakan stok, sehingga tidak ada resiko yang perlu Anda tanggung.

Bahkan saat harus menyudahi bisnis ini, Anda tidak akan merugi sama sekali.

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa menjalankannya dimana saja dan kapan saja, bisa di rumah, sambil rebahan di kamar, di kampus, bahkan sambil traveling.

Simak juga: Tips: Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Tips Memulai Usaha Jual Pulsa untuk Pemula

Tips-Memulai-Usaha-Jual-Pulsa-untuk-Pemula

Cara memulai bisnis jualan pulsa yang benar adalah sebagai berikut:

1. Cari Tahu Harga Pasar

Seberapa banyak atau sedikit laba yang akan masuk ke kantong Anda tergantung pada harga jual produk Anda.

Tapi sebelum menentukan harga, cari tahu lebih dulu berapa harga pulsa di pasaran saat ini, agar Anda tidak menjual pulsa dengan harga terlalu tinggi dan malah tidak laku.

Anda bisa mencari tahu harganya dari internet atau bandingkan beberapa aplikasi yang menyediakan fitur isi pulsa.

2. Distributor

Untuk memilih distributor pulsa, lakukan cara yang sama seperti pada poin sebelumnya, yaitu lakukan survey sederhana.

Anda bisa membuat daftar distributor pulsa yang Anda temukan dari internet atau bertanya ke konter-konter di sekitar.

Kemudian lakukan seleksi dengan mempertimbangkan kelancaran server, kecepatan pulsa masuk, dan sistem pelayanan yang diberikan.

Tapi, jangan hanya bermitra dengan satu distributor, minimal harus dua. Hal ini untuk mengantisipasi jika satu server sedang mengalami gangguan.

Dengan begini, Anda tidak akan pernah mengecewakan pembeli karena pulsa Anda selalu ready.

3. Jangan Biarkan Berhutang

Memang sangat sepele, tapi bisa merugikan jika terlalu sering dilakukan.

Meskipun yang berhutang adalah teman atau tetangga, sebaiknya hindari.

Jika memang sangat terpaksa dan Anda tidak enak untuk menolak, cukup lakukan maksimal 2 kali. Karena jika lebih dari 3 kali, orang tersebut akan kebiasaan.

4. Perhatikan Saldo

Cek saldo Anda secara rutin, jangan sampai Anda kehabisan saldo saat sedang Anda pembeli.

Karena hal ini bisa menurunkan citra Anda dan membuat pembeli tidak mau kembali.

5. Bersikap Friendly

Meskipun jualan pulsa adalah bisnis yang terbilang sangat kecil, tapi pelayanannya tetap harus Anda perhatikan.

Gunakan sikap, gestur tubuh, dan bahasa yang membuat pembeli nyaman dan merasa dihargai, seperti memberikan senyum dan mengucapkan terima kasih.

Saat kedua distributor Anda sedang mengalami gangguan misal, atau pulsa tidak kunjung masuk, selalu sampaikan permintaan maaf dengan nada yang bersahabat.

Bahkan, ketika pembeli terlihat arogan dan jutek, Anda harus tetap sabar dan ramah.

6. Kerjakan di Rumah

Tidak perlu langsung membuka konter, karena pulsa bukan produk yang harus dipajang di etalase.

Jika ingin memberitahu tetangga dan orang-orang yang lewat di depan rumah Anda bahwa Anda berjualan pulsa, cukup tempelkan tulisan “Jual Pulsa” di depan pagar rumah atau teras.

Anda bahkan tidak perlu membuat spanduk, tulisan ini bisa Anda buat sendiri dengan laptop/hp, kemudian cetak dengan HVS biasa.

7. Promosi dan Diskon

Inilah keuntungan lain dari jual pulsa, yaitu promosinya sangat mudah. Anda tidak perlu melakukan sesi foto produk, menyewa model, membuat brosur, dan hal muluk-muluk lainnya.

Cukup promosikan lewat media sosial Anda, dan sesekali berikan diskon atau giveaway agar pelanggan banyak yang datang. Bisa juga dengan metode promosi dari mulut ke mulut.

8. Aktifkan Handphone

Pastikan bahwa Handphone Anda selalu on. Jika harus melakukan perjalanan jauh, jangan lupa untuk membawa charger atau power bank.

Karena pembeli bisa menghubungi Anda kapan saja. Jika Anda tidak selalu ready, bisa saja pembeli langsung berpindah ke tempat lain.

Simak juga: Cara Memulai Bisnis Online (Dari Nol Tanpa Modal)

Dengan menerapkan delapan cara memulai bisnis jualan pulsa di atas, kemungkinan besar resiko bisnis Anda gulung tikar akan lebih sedikit.

Awalnya, bisnis ini memang tampak biasa. Tapi bayangkan jika dalam 1 hari Anda memiliki 50 pembeli, dengan laba per transaksi adalah Rp 1000. Maka dalam 30 hari, Anda bisa mendapatkan Rp1.500.000. Lumayan untuk menambah pemasukan, bukan? Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika masih ada pertanyaan atau saran.

Seorang penulis yang sudah lama dan selalu suka berbagi melalui tulisannya. Jika ingin menghubungi lebih lanjut, boleh e-mail ke: admin@bisabisnis.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *