Cara Membuka Usaha Kuliner Di Luar Negeri Dengan Mudah

Cara Membuka Usaha Kuliner Di Luar Negeri

Bisabisnis – Cara membuka usaha kuliner di luar negeri bisa dibilang tidak mudah, karena Anda perlu menyesuaikan budaya serta kebiasaan masyarakat sekitar. Namun itu bukan hal yang mustahil jika Anda memiliki tekad dan niat ingin mencobanya.

Seiring perkembangan zaman, Anda juga perlu mengembangkan bisnis hingga ke mancanegara guna memperluas target pasar serta meraih keuntungan yang lebih besar.

Untuk dapat bersaing di pasar global yang cukup ketat seperti sekarang ini, Anda perlu melakukan beberapa persiapan seperti menganalisa potensi pasarnya, mencari lokasi yang sesuai dan lain sebagainya. Lakukan perencanaan terlebih dahulu agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

1. Analisa Potensi Pasar 

Sebelum memulai bisnis di luar negeri, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kebiasaan serta gaya hidup masyarakat yang ada disekitar. Dengan begitu Anda bisa mengetahui, kira-kira peluang kuliner apa yang sedang tren atau banyak disukai.

Setiap negara tentu memiliki tren yang berbeda sehingga Anda harus menganalisanya dengan tepat. Melalui analisa tersebut Anda bisa lebih mudah untuk menyusun strategi pemasaran yang jitu agar dapat bertahan di pasar global.

2. Tentukan Jenis Kuliner

Setelah melakukan riset pasar, mungkin terdapat beberapa jenis kuliner yang banyak diminati atau sedang populer. Melalui data tersebut, Anda bisa membandingkan secara langsung dan memilih salah satu dari tema yang ada.

Menentukan jenis bidang kuliner yang ingin digeluti akan memudahkan Anda untuk merencanakan produk apa yang akan diproduksi. Dengan begitu Anda bisa berupaya untuk menonjolkan karakteristik dari jenis sajian yang ditawarkan.

3. Tentukan Target Pasar

Setelah menentukan jenis produknya, langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar yang ingin diraih, apakah masyarakat secara umum atau hanya golongan tertentu saja. Menentukan target pasar akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan produk yang akan dijual.

Hal tersebut bisa terjadi karena sebuah produk yang ditawarkan harus sesuai dengan selera serta kebutuhan target pasar yang sudah dituju agar tepat sasaran dan mampu memberikan layanan yang terbaik.

4. Siapkan Modal

Cara membuka usaha kuliner di luar negeri yang paling utama adalah menyiapkan modal yang cukup. Membangun bisnis di luar negeri tentu akan menghabiskan biaya yang lebih besar karena nilai mata uang yang berbeda maupun harga perlengkapan yang berbeda.

Untuk itu Anda perlu menyiapkan dana modal yang cukup. Anda perlu melakukan pertimbangan dan mencari sumber modal yang efektif. Pastikan untuk menghitung biaya operasional yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum mencari sumber modal agar dana bisa dialokasikan dengan tepat dan sesuai.

5. Pilih Lokasi Bisnis yang Strategis

Lokasi menjadi komponen utama yang mampu membuat bisnis Anda dikenal oleh masyarakat sekitar dan mampu menghasilkan banyak keuntungan. Jika Anda tidak terlalu memahami lokasi di luar negeri ada baiknya untuk melakukan survei terlebih dahulu.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan desain dari toko yang ingin dibuka. Buatlah dekorasi tempat makan yang nyaman dan menenangkan sehingga pelanggan bisa menikmati makanan secara optimal.

6. Bangun Branding yang Bagus

Sebagai produk baru, Anda perlu membangun branding dengan baik agar masyarakat sekitar dapat mengenal keunikan serta kualitas dari produk yang dipasarkan. Anda perlu membangun citra yang bagus agar masyarakat menjadi percaya dan penasaran untuk mencoba produk tersebut.

Branding bisa dibangun dengan cara bersikap profesional, memberikan pelayanan yang cepat, ramah terhadap pelanggan dan lain sebagainya. Bukan hanya dari segi kualitas produk saja yang harus ditonjolkan, namun layanan yang diberikan juga harus memuaskan.

Jika pelanggan merasa puas maka Anda bisa lebih percaya diri untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih menjanjikan. Pelanggan pun akan setia menggunakan produk Anda jika selalu mendapatkan layanan yang memuaskan serta kualitas produk yang unggulan.

7. Hitung Pemasukan Dan Pengeluaran

Untuk menjalan sebuah bisnis tentu banyak sekali pengeluaran yang harus diatur, mulai dari sewa tempat, membayar desain toko, membayar pajak, membayar karyawan, membeli bahan yang digunakan dan lain sebagainya.

Seiring berjalannya sistem operasional bisnis tentu bukan hanya pengeluaran saja yang harus di data, namun pemasukkannya juga. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah keuntungan yang telah didapatkan.

Anda perlu menghitung pemasukan serta pengeluaran secara lebih terperinci dengan menggunakan sistem yang mudah diakses agar setiap saat bisa dikontrol dengan mudah. Jika dirasa kurang menguntungkan, Anda perlu mencari cara untuk mengurangi biaya operasional yang kurang efektif.

Hal ini bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk menyusun strategi bisnis yang selanjutnya agar lebih menguntungkan.

8. Hadirkan Cita Rasa yang Unik dan Lezat

Dalam bisnis kuliner, cita rasa memiliki kekuatan besar yang mampu mempengaruhi opini masyarakat akan sebuah produk. Selain melakukan analisa terhadap trend dan budaya setempat, Anda juga perlu melakukan inovasi dengan gaya sendiri agar cita rasa yang pancarkan terasa berbeda dan lezat.

Rasa masakan yang otentik akan membuat pelanggan merasa ketagihan dan terus kembali membeli produk yang dipasarkan. Untuk mengetahui respon pasar akan sebuah produk, Anda bisa memberikan uji coba secara gratis sebelum menjualnya.

9. Tawarkan Promo Menarik

Untuk menjaga target penjualan agar tetap stabil dan menguntungkan Anda perlu menyusun rencana promosi yang akan dilakukan. Anda bisa memberikan harga spesial, promo beli 1 gratis 1, gratis item tertentu untuk pembelian paket dan lain sebagainya.

Teknik ini dapat digunakan untuk menarik perhatian para pelanggan untuk terus antusias membeli produk yang dipasarkan. Sebelum menawarkan promosi Anda perlu melakukan perhitungan dengan matang agar tidak mengalami kerugian.

10. Evaluasi Bisnis yang Dijalankan Secara Bertahap

Seiring perkembangan bisnis, Anda perlu melakukan evaluasi secara bertahap. Melalui evaluasi tersebut, Anda bisa mengetahui mana hal yang perlu ditingkatkan, dipertahankan atau ditinggalkan. Hal tersebut akan menjadi acuan Anda untuk menyusun strategi selanjutnya.

Dengan adanya evaluasi, Anda bisa selalu melakukan peningkatan pelayanan agar tetap memuaskan dan semakin berkembang. Hal tersebut akan membantu Anda untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi.

Simak juga:: 10 Tips Memulai Usaha Kue Kering Yang Laku Dan Laris

Dengan memperhatikan cara membuka usaha kuliner di luar negeri, Anda bisa melakukan persiapan secara lebih matang guna menghadapi pasar global. Jangan ragu untuk berinovasi dan cobalah untuk menonjolkan karakteristik dari produk yang ditawarkan agar terlihat berbeda dan menarik.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like