Badan Usaha Milik Swasta

11-Badan-Usaha-Milik-Swasta-Paling-Terkenal-di-Indonesia

Ada banyak jenis badan usaha, salah satunya adalah badan usaha milik swasta atau biasa disingkat BUMS. Sesuai namanya, badan usaha ini adalah perusahaan non-pemerintah, alias tidak dimiliki oleh negara/pemerintah.

Badan usaha ini biasanya tidak menawarkan atau memperdagangkan saham kepada masyarakat umum di bursa pasar saham, tapi menawarkan saham ke perusahaan tertentu atau dipertukarkan secara pribadi (over-the-counter).

Contoh Badan Usaha Milik Swasta

BUMS bisa berupa bisnis milik keluarga, perseorangan, dan usaha kecil menengah (UMKM). Berdasarkan sumber modalnya, BUMS dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • BUMS nasional (modal perusahaan sepenuhnya berasal dari masyarakat dalam negeri, bisa dari pihak keluarga, bank dalam negeri, lembaga keuangan lain, atau tabungan pribadi).
  • BUMS asing (hampir seluruh modal perusahaan berasal dari orang luar Indonesia, misalnya partner bisnis yang ada di Jepang, Singapura, atau negara lain).
  • BUMS campuran (modal usaha didapat dari investor dalam dan luar negeri).

Beberapa contoh BUMS paling populer yang ada di Indonesia adalah:

1. PT Djarum

PT Djarum sampai sekarang masih berkembang pesat sejak dimulau pada tahun 1950-an, dan kini semakin sukses tak hanya di dalam tapi juga luar negeri. Perusahaan penghasil rokok kretek Indonesia ini didirikan oleh seorang pengusaha Cina-Indo bernama Oei Wie Gwan pada 21 April 1951 di Kudus, Jawa Tengah.

Selain sebagai produsen rokok, PT Djarum juga memiliki bisnis olahraga bernama Djarum Badminton Club, yang juga menjadi sponsor liga sepak bola Indonesia sejak tahun 2005. 

Lini bisnis non-rokok lainnya adalah di bidang minuman (Delizio Caffino/kopi instan), perbankan (Bank Central Asia), platform e-commerce (Blibli), layanan multiplatform premium (Mola TV), perusahaan elektronik (Polytron), dan platform pemesanan tiket online (Tiket.com). 

2. PT Union Metal

PT Union Metal sudah ada sejak 20 Januari 1971, yang merupakan perusahaan penghasil bahan-bahan bangunan tapi khusus berbahan baja dengan kualitas tinggi, seperti atap bangunan, rangka, dek lantai baja, siku baja, rak baja, jaring kawat baja las (wire mesh), dan banyak lagi.

Semua produk ini dibuat dengan standar internasional dan sudah bersertifikasi ISO 9002:1994. PT Union Metal berlokasi di Jakarta Selatan, tepatnya di Menara Sudirman Lt. 16 (Jalan Jendral Sudirman Kav. 60).

3. PT Pupuk Kaltim

PT Pupuk Kaltim adalah perusahaan penghasil pupuk NPK dan Urea terbesar yang ada di Indonesia, yang juga memproduksi amoniak. Dalam satu tahun, perusahaan yang sudah ada sejak 1970-an ini berhasil membuat sekitar 2.74 juta ton NPK, 350 ribu ton urea, dan 3.43 juta ton amoniak. 

Perusahaan yang dulunya bernama PT Pupuk Sriwidjaja ini berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur, dengan anak perusahaan berada di Semarang, Demak, Surabaya, Banyuwangi, Badung, Lombok Timur, dan Parepare.

Ada dua jenis pupuk urea dari perusahaan ini, yaitu granul dan serbuk. Sedangkan NPK terdiri NPK Pelangi Unggul, MAXI, NPK Pelangi Super, dan NPK Pelangi Prima. Sejak berdiri hingga saat ini, PT Pupuk Kaltim telah menerima banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri.

4. PT Krakatau Steel

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. adalah salah satu perusahaan pembuat baja terbesar yang ada di Nusantara, dengan pabrik pusatnya di Cilegon, Banten.

Pabrik pusat tersebut berdiri di atas tanah seluas 280 hektar, yang mampu menghasilkan 2,45 juta ton produk per tahun, mulai dari batang baja hingga baja spiral.

Sedangkan perusahaan sendiri sudah ada sejak 20 Mei 1962 dengan nama awalnya adalah Cilegon Steel Mill. Terlihat sukses di dalam dan luar negeri, PT Krakatau Steel ini ternyata menjalin kerjasama dengan perusahaan Uni Soviet bernama Tj Gazprom Export. 

5. PT Aneka Electrindo Nusantara

PT Aneka Electrindo Nusantara hadir sebagai perusahaan non-pemerintah di bidang electrical yang menyediakan jasa service, material part, perencanaan electrician, dan maintenance. 

Beberapa jenis barang yang disediakan perusahaan ini adalah kabel, komponen listrik, medium voltage cubicle panel, dan banyak lagi.

6. PT Astra International

Perusahaan ini pertama kali beroperasi dengan nama Honda Division pada tahun 1970, yang kini berganti nama menjadi PT Astra International. 

PT Astra bergerak di bidang produk penjualan dan service sepeda motor merk Honda, yang mencakup 11 region di Indonesia, mulai dari wilayah Jawa Tengah, Bengkulu, Palembang, Jogja, NTB, Bali, Pontianak, Makassar, Jayapura, hingga Balikpapan dan AMJ.

7. PT Holcim

PT Holcim Tbk merupakan produsen semen terbesar ketiga yang ada di Indonesia. Perusahaan yang berdiri pada 15 Juni 1971 ini merupakan penyedia bahan dan jasa bangunan berbahan dasar semen yang beroperasi di dua negara, yaitu Malaysia dan Indonesia. 

Pabrik ini menyediakan sepuluh jenis semen, agregat, dan beton yang diproduksi dari dua pabrik besar yang ada di pulau Jawa, yaitu di Cilacap (Jawa Tengah) dan Narogong (Jawa Barat). Perusahaan ini juga memiliki satu stasiun penggilingan semen yang berlokasi di Ciwandan (Banten). 

8. PT XL Axiata Tbk

PT XL Axiata Tbk (XL) dulunya bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk. yaitu sebuah perusahaan penyedia layanan seluler pertama di Indonesia yang mulai beroperasi sejak 8 Oktober 1996.

Perusahaan ini sebenarnya adalah bagian dari Axiata Group, yang dikenal sebagai salah satu perusahaan telco paling populer yang memiliki provider di 9 negara. Sedangkan kantor pusat XL sendiri berada di Menara XL Axiata: Jl. HR Rasuna Said X5 Kav. 11-12, Jakarta.

9. PT Fastfood Indonesia

PT Fastfood Indonesia atau disingkat FAST adalah perusahaan swasta dalam negeri yang bergerak di bidang restoran cepat saji yang menyediakan makanan. 

Perusahaan ini menjalin kerjasama dengan Kentucky Fried Chicken International Holding, Inc. sehingga bisa mengoperasikan KFC (Kentucky Fried Chicken) di Indonesia. FAST dirintis pada tahun 1979, dengan kantor pusatnya di Jakarta Selatan, yaitu di Jalan Letjend M.T. Haryono Kav. 7.

10. PT Freeport Indonesia

Tak hanya terkenal di dalam negeri, PT Freeport Indonesia juga banyak dikenal di negara lain sebagai perusahaan tambang terkemuka yang melakukan eksplorasi, penambangan, serta pengolahan bijih yang mengandung emas, tembaga, dan perak.

Proses tersebut dilakukan di daerah dataran tinggi Provinsi Papua, tepatnya di Kabupaten Mimika. Perusahaan besar ini menerapkan dua teknik penambangan, yaitu tambang bawah tanah dan tambang terbuka/open-pit.

11. PT Gobel Dharma Nusantara

PT. Gobel Dharma Nusantara berkantor pusat di Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Dewi Sartika Nomor 14, Cawang II. Saat pertama kali muncul, perusahaan ini bernama “Tjawang”, yang kala itu merupakan pelopor pabrik transistor radio di Negara Indonesia. 

Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi PT. Gobel Dharma Nusantara dan berubah menjadi perusahaan distribusi, sales, serta service berbagai produk Panasonic dan beberapa produk buatan Jepang lainnya. 

Baca juga:: 10+ Ciri-Ciri Badan Usaha Milik Negara Yang Mudah Dikenali

Berbagai badan usaha milik swasta yang ada di Indonesia sangat berperan dalam mengurangi angka pengangguran, serta berkontribusi dalam menaikkan PDB (Produk Domestik Bruto) dan menyumbang pajak untuk kas negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pengertian-Badan-Usaha
Baca selengkapnya

Pengertian Badan Usaha

“Badan usaha” adalah salah satu istilah paling dasar dalam dunia bisnis, yang juga banyak dibicarakan oleh orang non-bisnis.…
Contoh-Proposal-Usaha
Baca selengkapnya

Contoh Proposal Usaha

Ketika seseorang mendirikan usaha baru, ia harus mempersiapkan berbagai dokumen. Salah satunya adalah proposal usaha. Seperti apakah proposal…
17-Pengertian-Modal-Usaha
Baca selengkapnya

Pengertian Modal Usaha

Modal merupakan salah satu komposisi utama dalam merintis usaha dan bagian inti untuk mengembangkannya. Beberapa orang berpendapat bahwa…